Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Menjadi Dosen? Ini Skill Yang Harus Kamu Miliki!

Rikaariyani.com- Ingin Menjadi Dosen? Ini Skill Yang Harus Kamu Miliki!- Dosen adalah profesi yang mengasyikkan. Mengapa? Karena selain mengajar dan berhadapan dengan berbagai karakter mahasiswa, profesi ini juga menuntut untuk selalu belajar dan mengetahui banyak hal. Profesi ini juga memungkinkan untuk beradu argument dan berdebat dengan mahasiswa. 

Tak salah jika skill pertama yang dibutuhkan oleh seorang dosen adalah kemampuan berbicara atau public speaking. Tanpa kemampuan yang satu ini, dosen akan sulit menyampaikan materi sehingga membuat mahasiswa kebingungan dengan apa yang disampaikan oleh dosennya.

Selain kemampuan berbicara di depan umum, seorang dosen juga dituntut untuk memiliki beberapa skill di bawah ini:

Pixabay


1. Ahli di Bidangnya

Untuk menjadi ahli dalam bidang yang ditekuni tidaklah mudah, butuh waktu dan proses yang panjang. Ahli dalam suatu bidang disebut juga dengan professional.  Dosen professional harus memiliki kompetensi, punya integritas tinggi, dan bersedia melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk menjadi dosen professional, ada beberapa tahap yang perlu dilaksanakan, yakni:

1) Tahap persiapan

Pada tahap ini seorang dosen harus mampu memotivasi mahasiswa sehingga mereka memiliki minat yang tinggi untuk belajar.

2) Tahap penyampaian

Pada tahap ini seorang dosen professional harus mampu memberikan materi yang menarik dan tidak membosankan mahasiswa.


2. Memahami Metode-metode Penelitian

Salah satu tugas seorang dosen adalah melakukan penelitian. Kemampuan dalam meneliti sangat membantu dosen untuk lebih maju dan berkembang. 

Dosen juga akan terlihat lebih kredibel, jenjang karir pun tentunya akan ikut meningkat. Bagi dosen pemula, melakukan penelitian memang tidak mudah. Namun, jika ada kemauan pasti bisa dilakukan.

Penelitian bagi dosen memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  • Proses pembelajaran menjadi lebih maksimal karena didukung oleh materi-materi yang berkualitas, lebih rasional, sudah teruji dan bisa disampaikan dengan lebih mendalam. 
  • Penelitian yang dilakukan oleh dosen dapat membantu meningkatkan reputasi institusi.  Nama kampus menjadi lebih baik, apalagi jika hasil penelitian tersebut dapat dipublikasikan secara internasional.


3. Punya Kemampuan Dalam Menulis

Tanpa kemampuan menulis, seorang dosen akan sulit menghasilkan karya ilmiah berupa jurnal, buku ajar, modul, dan lainnya. Memiliki kemampuan menulis bagi seorang dosen adalah sebuah keharusan. Seorang dosen yang tidak menulis buku ataupun jurnal, sama halnya dengan nelayan yang tidak berhasil menangkap ikan.

Di samping itu, aktifitas menulis bagi seorang dosen adalah salah satu syarat kenaikan pangkat. Hal ini sesuai dengan peraturan menteri nomor 17 tahun 2013 bahwa kenaikan jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi di bidangnya.

Jadi jelas, tidak ada alasan untuk tidak menulis.

Menulis memberikan banyak manfaat untuk dosen yang bersangkutan, diantaranya: 

  1. Melatih kreativitas. Saat menulis seorang dosen tentu membutuhkan konsep dan referensi, proses ini secara tidak langsung akan meningkatkan kreativitas dosen dalam menyusun materi yang dibutuhkan. Selain itu juga, kegiatan menulis akan membuat dosen menjadi lebih terlatih sehingga terhindar dari plagiarism. 

  2. Menulis dapat meningkatkan nilai angka kredit. Saat pengurusan jenjang jabatan baik dari lektor ke lektor kepala, ataupun dari lektor kepala ke guru besar, membutuhkan nilai angka kredit yang salah satunya didapatkan dari karya tulis dosen. 

  3. Sebagai media untuk meningkatkan value diri 

  4. Menulis juga bermanfaat untuk menyebarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain. 

  5. Menulis tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan dosen secara pribadi, menulis juga dapat membantu mempromosikan institusi atau lembaga di mana dia mengabdi. 

  6. Menulis tentunya dapat membantu dosen memperoleh pemasukan tambahan.

Demikian, semoga bermanfaat...

Terimakasih,


Rikaariyani.com

Post a Comment for "Ingin Menjadi Dosen? Ini Skill Yang Harus Kamu Miliki!"