Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 APLIKASI CEK PLAGIARISME KARYA TULIS

Rikaariyani.com- 5 APLIKASI CEK PLAGIARISME KARYA TULIS- Sebagai akademisi ataupun penulis, hal yang harus kamu ketahui adalah aplikasi cek plagiat. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa karya tulis yang kamu buat benar-benar orisinil dan terbebas dari plagiarisme.

Beberapa aplikasi di bawah ini, dapat kamu gunakan untuk mengecek karya tulis kamu. Namun dari beberapa aplikasi tersebut, ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan. Mari simak 5 Aplikasi Cek Plagiarisme Karya Tulis di bawah ini:

Plagiarisme
5 APLIKASI CEK PLAGIARISME KARYA TULIS

 

1. Aplikasi Turnitin

Aplikasi turnitin sudah banyak dipakai oleh kampus-kampus untuk melakukan pengecekan tugas akhir mahasiswa. Aplikasi ini paling populer di dunia akademik. Namun aplikasi turnitin tidak digunakan secara cuma-cuma, aplikasi ini dikenakan biaya berlangganan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa pesan di berbagai toko online.

Secara umum, ada beberapa langkah yang perlu kamu pahami dalam penggunaan aplikasi turnitin yaitu:  

  1. Pembuatan akun turnitin, untuk membuat akun turnitin kamu bisa kunjungi halaman web www.turnitin.com. Lalu mengisi formulir dan menunggu administrator memverifikasi.   
  2. Membuka aplikasi turnitin, setelah memiliki akun turnitin, kamu bisa login dengan menggunakan email dan password yang telah kamu daftarkan.  
  3. Mengirimkan file, langkah selanjutnya adalah mengirim file karya tulis untuk mengecek berapa tingkat plagiarismenya.  

Agar karya tulis kamu lolos dari uji turnitin, kamu harus mencantumkan sumber yang jelas dan jangan sekali-kali melakukan copas atau copy paste.

Baca juga: 5 TIPS AGAR TERHINDAR DARI PLAGIARISME


2. Copyspace

Copyspace dapat kamu kunjungi di halaman www.copyspace.com. Copyspace berfungsi untuk mendeteksi apakah tulisan kamu memiliki kesamaan dengan tulisan lain. Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis, namun penggunaannya sangat terbatas. Untuk mendapatkan akses yang lebih luas, kamu bisa menggunakan layanan premium atau berbayar.

Cara menggunakan aplikasi ini, kamu cukup menyalin url tulisan yang akan dicek pada kolom yang disediakan. Copyspace akan melakukan pengecekan situs-situs yang memuat tulisan atau beberapa bagian tulisan yang sama. Jika hasilnya “no result” berarti tulisan kamu bisa disebut original.

Saya sendiri biasanya menggunakan aplikasi ini untuk mengecek artikel-artikel yang saya tulis sebelum posting di blog. Sedangkan aplikasi turnitin, biasanya saya gunakan untuk mengecek karya tulis berupa jurnal, skripsi mahasiswa, dan lainnya.


3. Duplichecker

Untuk membuka aplikasi ini kamu dapat mengunjungi www.duplichecker.com. Kamu bisa langsung menggunakannya tanpa harus registrasi terlebih dahulu. Namun sayangnya, kamu hanya boleh menggunakannya satu kali sehari. Jika kamu ingin melakukan pengecekan berkali-kali, kamu harus mendaftar dan membuat akun pribadi.

Cara melakukan pengecekan aplikasi plagiarism satu ini kamu bisa memasukkan url tulisan kamu ke kotak pencarian, atau bisa juga dengan melakukan copy pasti tulisan kamu.


4. Unicheck

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para akademisi (dosen, mahasiswa, dan juga guru) untuk melakukan pengecekan terhadap karya tulisnya. Salah satu kelebihan aplikasi unicheck ini adalah lebih detail dalam melakukan pengecekan. Kamu dapat memanfaatkan versi gratisnya selama 14 hari.  

Jika kamu berminat, silahkan kunjungi halaman www.unicheck.com


5. Aplikasi Plagiarisma

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi plagiarisma bisa kamu gunakan untuk mengecek karya tulis kamu. Aplikasi ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan, dimulai dari guru, pelajar, mahasiswa, maupun dosen. Untuk melakukan pengecekan karya tulis kamu, bisa dengan memasukkan URL, bisa juga dengan meng-upload filenya secara manual. Kelebihan  dari aplikasi ini adalah aplikasi ini memiliki pilihan bahasa yang sangat banyak.

Dari berbagai aplikasi yang ada, kamu bisa pilih aplikasi mana yang cocok untuk kamu gunakan.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi cek plagiarisme, semoga bermanfaat. 

Baca juga: Cara menggunakan aplikasi turnitin

Post a Comment for "5 APLIKASI CEK PLAGIARISME KARYA TULIS"