Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Akun SINTA

Rikaariyani.com- Cara Membuat Akun SINTA- SINTA (science and technology index) merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi untuk mendata hasil penelitian dosen dalam bentuk jurnal publikasi, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya.

SINTA diluncurkan pada tahun 2017 oleh kemenristek. Melalui kehadiran sinta, diharapkan para peneliti maupun dosen dapat lebih aktif menulis dan menerbitkan jurnal atau karya ilmiah lainnya. Dosen yang aktif menulis dapat dikenal melalui SINTA, karena SINTA mempublish setiap penulis dan memberikan peringkat sesuai dengan score yang tertinggi. Di dalam akun SINTA kita juga bisa melihat peringkat institusi terkait publikasi ilmiah yang dilakukan oleh dosen.

Keunggulan sinta dibanding portal pengindeks lainnya adalah SINTA dapat secara otomatis mengindeks hasil karya yang telah ter-indeks pada google scholar dan scopus.

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara membuat akun SINTA? Untuk itu di dalam artikel ini akan penulis uraikan cara membuat akun SINTA sebagai berikut:

Cara Membuat Akun SINTA

Cara Membuat Akun SINTA

 

Apa Itu SINTA?

SINTA merupakan kesingkatan dari science and technology index, yaitu portal yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja peneliti, penulis, jurnal dan juga kinerja institusi dalam bidang publikasi ilmiah. 

Baca juga: Cara membuat akun google scholar

Apa Manfaat Akun SINTA?

Akun SINTA memiliki beberapa manfaat bagi dosen diantaranya: 

  1. Dapat mempermudah dosen yang bersangkutan mengajukan kenaikan jenjang jabatan akademik. 
  2. SINTA juga dapat digunakan sebagai acuan ketika asesor melakukan visitasi akreditasi.

Apa Fungsi Akun SINTA?

Akun sinta memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berfungsi untuk memotivasi dosen

Dengan kehadiran SINTA (science and technology index), diharapkan para peneliti dan dosen dapat lebih aktif menulis dan mempublikasikan jurnal atau karya ilmiah lainnya.  

2. Sebagai Pengukur Kinerja

SINTA juga berfungsi untuk mengukur kinerja dosen dan peneliti, kinerja jurnal, dan juga kinerja institusi.  

3. Mendata Publikasi Dosen

SINTA berfungsi untuk mendata publikasi dan sitasi dosen melalui google scholar.  

4. Melihat peringkat Institusi

Melalui akun SINTA akan terlihat peringkat publikasi institusi dan juga peringkat publikasi penulis. 

5. Memantau Kinerja Dosen

Akun SINTA juga berfungsi untuk memantau kinerja dosen dalam bentuk publikasi ilmiah.

 

Bagaimana Cara Membuat Akun SINTA?

Untuk mendaftar pada akun SINTA (science and technology index), dosen perlu memperhatikan beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Harus memiliki akun email dari gmail 
  2. Memiliki akun email institusi 
  3. Membuat akun google scholar 
  4. Mendaftar akun SINTA
  5. Menunggu verifikasi dari verifikator SINTA

Sedangkan langkah-langkah dalam mendaftar sebagai berikut:

  1. Buka http://sinta.ristekdikti.go.id/ 

  2. Klik registration untuk melakukan registrasi, namun sebelum melakukan registrasi anda diwajibkan untuk memiliki akun google scholar terlebih dahulu. Bagi yang sudah memiliki akun google scholar, anda bisa langsung mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh SINTA. Setelah semua data diisi dengan benar, klik tombol register. 

  3. Setelah register sukses dilakukan, sistem akan mengirimkan email verifikasi ke alamat yang telah anda isi pada saat mendaftar. 

  4. Silakan buka email anda, lalu klik link ACTIVATION atau email verifikasi yang telah dikirimkan oleh sistem. Jika link tidak muncul pada INBOX, anda bisa cek pada bagian SPAM atau UPDATE. 

  5. Langkah selanjutnya adalah verifikator akan melakukan verifikasi pada akun SINTA anda, dan secara otomatis data yang ada pada google scholar dan scopus akan masuk pada profil akun sinta anda. 

  6. Jika verifikasi telah berhasil dilakukan, akun dan data anda akan muncul dan dapat ditelusuri oleh publik. 

  7. Akun yang sudah diaktivasi dan diverikasi oleh verifikator dapat melakukan login dan memperbaharui data-data pada profil dengan meng-klik update profil. 

  8. Selanjutnya anda juga bisa melakukan update data buku pada menu books. Caranya adalah dengan meng-klik menu books, lalu masukkan ISBN, jika ISBN sudah terdeteksi dan tersimpan dalam database, anda dapat klik tombol klaim buku. Jika belum terdeteksi, anda bisa mengisi data buku secara lengkap, lalu klik tautan add book. 

Demikian penjelasan mengenai cara membuat akun SINTA. Semoga bermanfaat...

Baca juga: Cara menggunakan aplikasi turnitin

 

Post a Comment for "Cara Membuat Akun SINTA"