Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Kerinci Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Rikaariyani.com- Objek Wisata Kerinci- Tahun 2016 silam, saya dan beberapa teman dari program S3 sempat berkunjung ke Kabupaten Kerinci dan menikmati beberapa objek wisata di sana. 

Banyak sekali tempat-tempat wisata yang indah di Kerinci dan sangat sayang jika dilewatkan. Objek wisata apa saja yang ada di Kerinci? Berikut ulasannya:


Objek Wisata Kerinci


Sekilas Tentang Kabupaten Kerinci

Kabupaten Kerinci merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jambi. Kabupaten Kerinci memiliki luas 3.355,27 km² terdiri atas 12 kecamatan. Daerah ini memiliki julukan "sekepal tanah dari surga" karena keindahan alam yang dimilikinya. Bahkan, Kerinci seringkali dijadikan sebagai lokasi syuting film. Selain memiliki keindahan alam, Kerinci juga kaya akan budaya. 

Objek Wisata Kerinci

Ada beberapa objek wisata di daerah Kerinci yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah:

1. Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan teh Kayu Aro terletak di kaki Gunung Kerinci, tepatnya di kecamatan Kayu Aro, Kerinci, Provinsi Jambi. Kebun teh ini memiliki luas sekitar 2.500 hektar dan berada di ketinggian 1.600 mdpl. Perkebunan teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh tertua di Indonesia, yang sudah ada semenjak masa penjajahan kolonial Belanda dan merupakan kebun teh tertinggi kedua di dunia setelah perkebunan teh Darjeeling di Himalaya, India.

Jenis teh yang ditanam di Kebun Teh Kayu Aro adalah Teh Ortodoks atau Teh Hitam. Kualitas dan rasanya tak perlu diragukan lagi, bahkan teh Kayu Aro ini menjadi langganan Ratu Belanda dan Inggris.

2. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh adalah Danau yang terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu Danau tertinggi di Indonesia, Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut.

3. Air Terjun Telun Berasap

Air terjun telun berasap ini berlokasi di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air terjun ini sangat cantik dan berada diantara rerimbunan Taman Nasional Kerinci Seblat. Air Terjun Telun Berasap ditutupi lebatnya pepohonan. Air terjun ini mengalir melalui tebing-tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 meter.

4. Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan salah satu danau yang terkenal dengan keindahannya. Danau ini terbentuk akibat adanya letusan gunung berapi. Danau ini memiliki luas 46 km2, dengan kedalaman rata-rata danau mencapai 97 m, dengan volume air 1,6 juta m3 dan berada di ketinggian 650 meter diatas permukaan laut. Pemandangan di sekitar Danau Kerinci ini sangat menawan. Airnya jernih dan terdapat ikan semah di dalamnya.

5. Danau Kaco

Danau Kaco terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Desa Lembur, Kecamatan Gunung Raya. Kalau dipetakan dan digambar, lokasi danau bak mutiara biru yang berada di tengah rimbunnya pohon rindang.

Secara geografis, Danau Kaco terletak pada ketinggian 1229 meter di atas permukaan laut. Hingga saat ini, titik terdalam dari Danau Kaco yang berhasil diukur oleh pemandu lokal sekitar 20 meter.

6. Air Panas Semurup

Air Panas Semurup merupakan pemandian sumber air panas alami yang terletak di Kabupaten Kerinci. Sumber air panas ini berada di dataran tinggi yang tepatnya di kaki Gunung Kerinci. 

Secara geografis, Air Panas Semurup terletak di Desa Batu Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dari sungai Penuh ke sumber air panas ini, harus menempuh jarak kurang lebih 12 kilometer.

7. Air Terjun Renah Pematik

Air Terjun Renah Pemetik berada di Desa Lubuk Tabun, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci. Air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan, karena lokasinya jauh dan terpencil. Selain itu medan yang harus dilalui pun cukup berat, sehingga banyak wisatawan yang mengurungkan niatnya untuk berkunjung. Namun tempat ini seolah menjadi surga bagi para wisatawan berjiwa petualang.

Demikan informasi mengenai objek wisata yang ada di Kerinci, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Mesjid kubah emas brunei darussalam

Destinasi wisata kota Batam

Destinasi wisata tanjung balai karimun  

Destinasi wisata kota Padang

Tempat wisata kota Jambi

Post a Comment for "Objek Wisata Kerinci Yang Sayang Untuk Dilewatkan"