Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau

Rikaariyani.com- Destinasi Wisata Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau- Tanjung Balai Karimun termasuk salah satu kota yang pernah saya kunjungi beberapa waktu lalu. Tepatnya 3 bulan setelah menikah. Kebetulan punya kakak ipar yang berdomisili di sana.

Tanjung Balai Karimun merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini sangat strategis karena berdekatan dengan negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

Dengan posisi yang sangat strategis tersebut, para wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung ke kota ini, terutama pada hari-hari libur atau pada hari-hari besar tertentu. 

Meski kepopulerannya belum setara dengan pulau Dewata Bali, namun keindahan Tanjung Balai Karimun tidak bisa dipandang sebelah mata. Pulau Karimun memiliki beberapa pantai yang indah dengan kuliner hidangan laut yang segar dan tentu saja lezat. 

Kebanyakan penduduk Tanjung Balai Karimun merupakan peranakan Tionghoa, hingga tidak heran jika ada beberapa Kuil di kota ini. 

Selain itu, juga tersebar beberapa etnis lainnya seperti Melayu, Jawa, Flores, Batak, Minang, Bugis, dan lainnya.

Destinasi Wisata Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau


 


Destinasi Wisata Tanjung Balai Karimun

Berikut ini ada beberapa destinasi wisata yang ada di Tanjung Balai Karimun.

1. Pantai Pongkar

Pantai Pongkar terletak di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun. Pantai ini selalu ramai dikunjungi pada saat hari libur. Ombak di pantai Pongkar tidak terlalu besar sehingga menjadi pilihan rekreasi bagi keluarga. Selain itu, pantai pongkar ini juga sering menjadi lokasi untuk acara tertentu, seperti kegiatan ekstrakurikuler sekolah, kegiatan kesenian, dan lain sebagainya.

Pantai ini terkenal bersih dan jauh dari polusi udara. Pantai ini berdekatan ini dengan air terjun Pongkar.

Baca juga: Destinasi wisata kota batam

2. Pantai Pelawan

Pantai Pelawan terletak di Kelurahan Pangke, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Lokasi pantai ini tidak jauh dari perusahaan penambangan yang terkenal di Karimun.

Pemandangan di pantai ini sungguh mempesona. Deburan ombak, hamparan pasir putih, laut nan biru berpadu dengan langit yang berwarna cerah semakin menambah elok pantai ini.  

Pantai Pelawan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan juga asing. Di sekitar pantai juga tersedia beberapa penginapan untuk para wisatawan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, di sepanjang jalan pantai ini juga tersedia beberapa menu masakan laut. 



 

3. Pantai Gading

Pantai Gading memiliki panorama yang masih sangat alami. Di sepanjang bibir pantai terdapat batu-batu granit dengan berbagai bentuk. Pepohonan di sekeliling pantai juga sangat rindang, sangat cocok untuk melepas kejenuhan. Selain itu pantai ini juga lebih teduh dan tenang.

4. Pantai Tanjung Ambat

Meski tidak setenar pantai Pongkar dan pantai Pelawan, tapi pantai ini tidak kalah istimewa. Bahkan pantai ini terkenal lebih eksotis dibanding pantai lainnya yang ada di Pulau Karimun. Pantai ini juga masih sangat alami dan jarang terjamah.

Pantai Tanjung Ambat terletak di kampung Teluk Dalam, Lubuk Puding kecamatan Buru. Di pantai ini, pengunjung dapat duduk bersantai di tepian, melakukan olahraga pantai, dan juga bisa menyusuri pantai hingga ke arah Tanjung Ambat.

Sayangnya, di pantai ini tidak ada satu pun yang menjual makanan. Untuk itu, jika ingin berkunjung ke pantai ini, pastikan kalian membawa bekal yang cukup.

5. Coastal Area Tanjung Balai

Coastal merupakan ciri khas dari pulau Karimun. Tempat ini mirip alun-alun yang menjadi pusat keramaian penduduk. Di area coastal ini, pengunjung dapat menikmati angin sepoi-sepoi, dan juga kapal yang lalu lalang. 

Selain itu, di dalam area coastal ini juga tersedia wahana bermain untuk anak-anak. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung tidak perlu membayar sepersen pun. 

Baca juga: Pesona kota Tembilahan, Kota seribu jembatan

Post a Comment for "Destinasi Wisata Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau"