Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Kota Padang

Rikaariyani.com- Destinasi Wisata Kota Padang- Kota Padang atau yang dikenal dengan kota Bingkuang terletak di Provinsi Sumatra Barat. Saya menghabiskan waktu empat tahun di kota ini. Kuliah di salah satu kampus Islami ternama dan mendapatkan gelar sarjana pendidikan. 

Banyak kenangan di kota nan indah ini, kenangan manis dan pastinya ada kenangan pahit. Bersama para sahabat nan baik hati.

Beberapa waktu lalu, sebelum menikah dan punya anak, saya masih suka menyambangi kota ini. Sekedar untuk melepaskan rindu pada sahabat, pada Taplau, dan juga pada makanan khasnya. Namun sekarang, langkah tak lagi leluasa. 

Kota padang memiliki banyak keunikan yang tak bisa dilupakan begitu saja. Salah satu keunikannya dapat dilihat dari atap rumahnya. Kota ini juga memiliki berbagai destinasi wisata yang menakjubkan dan tentunya populer di tengah masyarakat. 

Tak heran,  jika saat musim liburan tiba banyak para wisatawan yang menjatuhkan pilihan pada daerah istimewa Minangkabau ini. Untuk itu, artikel ini sengaja penulis hadirkan untuk memberikan informasi kepada pengunjung terkait destinasi wisata kota Padang, sekaligus sebagai pengingat kenangan bagi penulis secara pribadi. 

Destinasi Wisata Kota Padang


 

Sekilas Tentang Kota Padang

Kota Padang adalah ibukota dari Provinsi Sumatera Barat dan merupakan salah satu kota besar yang ada di Sumatera. 

Sebagai kota seni dan budaya, Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan Sitti Nurbaya, dan setiap tahunnya menyelenggarakan berbagai festival untuk menunjang sektor kepariwisataan.

Di kalangan masyarakat Indonesia, nama kota ini umumnya diasosiasikan dengan etnis Minangkabau dan masakan khas mereka yang umumnya dikenal sebagai masakan Padang.

Selain itu, kota Padang juga terkenal dengan kota pendidikan, hal ini didukung dengan beberapa perguruan tinggi yang ada.

Kota Padang memiliki batasan wilayah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman. 
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan.
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Selat Mentawai.
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Solok
Selain daratan Pulau Sumatera, Kota Padang memiliki 19 pulau di mana yang terbesar adalah Pulau Bintangur seluas 56,78 ha, kemudian Pulau Sikuai di Kecamatan Bungus Teluk Kabung seluas 48,12 ha dan Pulau Toran di Kecamatan Padang Selatan seluas 33,67 ha.
 

 

Destinasi Wisata Kota Padang

Berikut ini beberapa tempat wisata di kota Padang yang dapat Anda kunjungi.

1. Pantai Padang

Pantai Padang dikenal juga dengan TAPLAU alias tapi lauik (bahasa Minang). 

Pantai Padang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kota Padang. Terutama semenjak Pemerintah Kota Padang fokus dalam mengembangkan destinasi wisata yang satu ini. Siapa pun yang datang ke kota padang akan merasa rugi jika tidak mengunjungi pantai padang.

Saat ini wajah Pantai Padang semakin tertata dengan rapi. Para pedagang memiliki lokasi untuk berjualan di sejumlah titik. Tempat parkir kendaraan juga disediakan di area khusus. 

Di samping pemandangan pantai yang menyejukkan mata, di Kawasan pantai juga terdapat objek wisata lainnya seperti monument IORA, monument Merpati perdamaian, area bermain anak-anak, dan lain sebagainya. 

Menariknya, pantai padang ini berdekatan dengan pasar raya dan sangat mudah diakses dengan kendaraan roda empat dan roda dua. 

Ketika cuaca cerah, Pantai Padang termasuk tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam diufuk barat dengan bias merahnya yang indah. 

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kota Padang, jangan lewatkan pantai padang alias TAPLAU ini.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Saat mendengar kata Siti Nurbaya, kita akan langsung ingat sebuah novel yang dikarang oleh pujangga Bernama Marah Rusli. Nama Jembatan siti nurbaya yang dibangun pada tahun 1995 ini memang terinspirasi dari kisah novel yang ditulis oleh pujangga tersebut

Jembatan ini dibangun dengan menghabiskan dana 19,8 miliar. Lokasinya sangat trategis dengan pemandangan alam yang begitu indah. Jika melihat ke barat, akan terlihar samudera hindia. Melihat ke timur, terlihat pegunungan bukit barisan. Tak heran jika banyak mengabadikannya melalui kamera.

Nilai plus dari jembatan ini adalah lampu-lampu yang menghiasai tepian jembatan di malam hari. Kesannya begitu romantis dan tak akan terlupakan. Waktu terbaik untuk menikmati jembatan ini adalah malam hari. 

Bagi pengunjung yang suka ngemil, tersedia jajanan khas seperti jagung bakar, kerupuk mie kuah, kelapa muda, dan lain sebagainya.

3. Museum
Aditiyawarman

Museum Aditiyawarman yang diresmikan pada tahun 1977 ini merupakan museum budaya Provinsi Sumatera Barat. Museum ini dijuluki taman mini ala Sumatera Barat.

Museum ini berlokasi di jalan Diponegoro nomor 10 Padang, Sumatera Barat. 

Sebagai museum budaya, museum Adityawarman menyimpan benda-benda bersejarah, seperti cagar budaya Minangkabau diantaranya bangunan berarsitektur minang, rumah bagonjong atau baanjuang.

Di salah satu sudut museum terdapat ruang peragaan pelaminan adat minang. Ini merupakan salah satu ruangan yang diminati oleh pengunjung.

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa penulis uraikan, namun sebenarnya ada beberapa destinasi lain yang belum sempat penulis bahas. Insyaallah di lain waktu.

Baca juga: Sejarah batu caves malaysia

Post a Comment for "Destinasi Wisata Kota Padang"