Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 MANFAAT NGEBLOG YANG HARUS ANDA KETAHUI

Rikaariyani.com- 5 MANFAAT NGEBLOG YANG HARUS ANDA KETAHUI- Saya mulai ngeblog itu sejak tahun 2015, tepatnya beberapa minggu setelah resmi menjadi mahasiswa lagi. Mahasiswa program Doktor Manajemen Pendidikan Islam di salah satu kampus kota Jambi. Saya memilih niche atau topik blog saya tentang pendidikan. Berhubung karena saya adalah dosen sekaligus mahasiswa, banyak tema-tema pendidikan yang berebut meminta saya untuk menuliskannya.


Bagi anda yang hobby menulis, tidak ada salahnya anda fokus pada blog. Banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika serius ngeblog. Apa saja manfaatnya? Mari disimak!
 


5 MANFAAT NGEBLOG YANG HARUS ANDA KETAHUI

 

APA ITU BLOG?

Anda tentu tidak asing lagi dengan kata-kata ini. BLOG. Blog yaitu website atau jurnal online yang memuat banyak informasi, baik dalam bentuk artikel, foto, maupun video yang disediakan oleh pemilik blog. Menurut Wikipedia, Blog berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web yang dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic pemilik blog.

Blog tidak hanya mengacu pada blogger.com, namun juga ada wordpress dan lainnya. Aktivitas menulis blog disebut dengan blogging, sedangkan penulisnya disebut blogger. Seorang blogger menulis di blog dengan dua tujuan, sekedar hoby dan punya target tertentu (misal: untuk memperoleh penghasilan). Untuk saat ini, saya masih pada tujuan yang pertama.

Baca juga: Kelebihan Notebook ASUS Tipe E210MA

APA SAJA JENIS-JENIS BLOG?


1. Blog Pribadi

Blog pribadi lebih mengarah kepada buku harian online yang ditulis secara personal. Pada awalnya, blog memang dimanfaatkan untuk tujuan pribadi. Konten blog pribadi sangat bebas, tidak terikat dengan aturan mana pun, bisa tentang asmara, keluarga, atau pengalaman-pengalamannya.

2. Blog Professional

Blog professional berisi konten-konten yang dapat menunjukkan profesionalitas pemilik blog. Misalnya, seseorang yang ahli di bidang teknologi, ia bisa membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.

3. Blog bisnis

Blog bisnis biasanya berisi informasi produk. Tujuannya adalah untuk mendatangkan pengunjung melalui kata kunci. 

 

APA MANFAAT BLOG?  

1. Melatih Diri Untuk Terus Menulis

Ngeblog memaksa anda untuk terus menulis setiap hari. dengan menulis setiap hari, otomatis keterampilan menulis anda akan jauh lebih baik. banyak blogger yang akhirnya sukses menerbitkan buku, bahkan menjadi buku best seller. untuk itu, mulailah membuat blog dan isi dengan artikel-artikel yang bermanfaat. 


2. Memperluas Wawasan 

Setiap kali ngeblog selalu ada pengetahuan-pengetahuan baru yang akan kita dapatkan. Karena setiap kali kita akan menulis atau memposting tulisan, kita perlu mengumpulkan data atau sumber bacaan lainnya. Semakin banyak referensi yang kita kumpulkan, secara tidak langsung akan meningkatkan wawasan kita.  


 3. Membangun Personal Branding

Ngeblog adalah cara simpel untuk membangun brand diri anda. Misal, anda seorang pendidik, guru ataupun dosen, anda bisa mengisi blog dengan hal-hal yang berbau pendidikan. Anda juga bisa mengisinya dengan motivasi-motivasi terkait dengan dunia pendidikan. Untuk itu jangan ragu untuk memanfaatkan blog sebagai personal branding anda.


4. Menjadi Lebih Produktif 

Ngeblog membuat kita menjadi lebih produktif. Tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. semakin produktif, keberhasilan akan cepat diraih. Sejak terjun dalam dunia BLOG, saya bahkan betah duduk berjam-jam di depan layar laptop. 

5. Menghasilkan Uang

Banyak sekali blogger-blogger yang sudah menghasilkan uang melalui blog. Namun, untuk saat ini blog saya memang belum terfokus pada penghasilan. Saya lebih memilih untuk membangun blog saya terlebih dahulu. Jika anda tertarik untuk mendapatkan penghasilan melalui blog, anda dapat mendaftarkan blog anda pada google adsense. Lumayan kan?
 

Demikian pembahasan mengenai 5 manfaat ngeblog yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Syarat mendaftar google adsense youtube




Post a Comment for "5 MANFAAT NGEBLOG YANG HARUS ANDA KETAHUI"