Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blog Sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Rikaariyani.com- Blog Sebagai Media Pembelajaran Interaktif- Blog adalah sebuah aplikasi web yang digunakan untuk mempublikasikan berbagai informasi melalui tulisan. Membuat blog cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menciptakannya. Media blog didirikan oleh sebuah perusahaan pada tahun 1999. Hingga saat ini blog sudah semakin berkembang dan menjadi media publikasi dari berbagai bidang. 

Tidak hanya itu, ternyata blog pun bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif. Mengenai hal ini silahkan disimak artikel berikut ini dengan judul pembahasan “Blog Sebagai Media Pembelajaran Interaktif”.

Blog Sebagai Media Pembelajaran Interaktif

 

Pengertian Blog

Blog adalah website yang memuat berbagai informasi, baik artikel, foto, maupun video. 

Dalam defenisi lain, blog dijelaskan sebagai website yang terdiri dari postingan-postingan (Rachman Hakim, 2010: 1). 

Pemilik blog dapat memposting tulisan atau konten, gambar, maupun video secara online sehingga pengunjung dapat mendownload semua postingan yang masukkan ke blog.

Blog memiliki fungsi yang beragam, sebagai catatan harian, media publikasi, dan juga web portal. Pengunjung blog dapat leluasa membaca dan memberi komentar pada setiap tulisan yang telah diposting. Melalui blog mahasiswa memiliki potensi untuk berekspresi dan mengasah kemampuannya dalam menulis. Apalagi blog dapat digunakan secara gratis.

Membuat blog sangat gampang, tidak membutuhkan pengetahuan pemrograman yang sulit. Untuk mendaftar di blog, hanya membutuhkan email dan mengikuti beberapa Langkah yang bisa dipelajari dalam waktu yang singkat. Media blog memiliki sifat yang dinamis dan universal sehingga bisa diakses oleh siapa pun, dan di mana pun. 

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring

Blog Dalam Pendidikan

Dalam bidang Pendidikan, media blog dapat memberikan dimensi baru untuk meningkatkan proses pembelajaran dan menjadi sumber referensi bagi mahasiswa maupun dosen.

Media blog merupakan sebuah peluang untuk menjadikan kegiatan belajar lebih interaktif dan menarik. dosen dapat mempublikasikan materi-materi dan bisa diakses oleh mahasiswa. Sehingga dapat membantu mahasiswa mendapatkan sumber referensi yang dibutuhkan.

Media blog menjadi sebuah yang efektif apabila dikelola dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. Blog memiliki berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

Selain itu, media blog dapat diakses di mana saja sehingga memudahkan mahasiswa untuk memahami lebih dalam apa yang tidak dipahami terkait dengan materi perkuliahan (Nur Rohkman, dkk, 2015).

Manfaat Blog Sebagai Media Pembelajaran

Manfaat blog sebagai media pembelajaran interaktif yakni:

  1. Dapat mengembangkan kemampuan siswa melalui sebuah tulisan. 
  2. Memudahkan penyebaran informasi. 
  3. Siswa dapat membaca kembali materi-materi yang diposting di blog tanpa dibatasi waktu dan tempat. 
  4. Materi pembelajaran dapat diakses dengan mudah oleh siswa. 
  5. Dapat meningkatkan proses pembelajaran lebih aktif dan interaktif

Untuk memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran interaktif,, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni:

  1. Dosen harus memiliki blog dan mempublikasikan materi-materi perkuliahan yang diampu. 
  2. Dosen dan mahasiswa dapat melakukan interaksi pada kolom komentar yang ada dan saling bertukar informasi melalui link menuju artikel yang sesuai dengan materi yang dibahas. 
  3. Dosen harus memberikan dorongan kepada mahasiswa untuk membuat blog sehingga pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran menjadi lebih efektif.

Demikian pembahasan mengenai "Blog Sebagai Media Pembelajaran Interaktif", semoga bermanfaat.

Baca juga: Media Pembelajaran (pengertian, fungsi, manfaat)

Post a Comment for "Blog Sebagai Media Pembelajaran Interaktif"