Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Tujuan dan Tahapan Metode Systematic Literature Review (SLR)

Rikaariyani.com- Pengertian, Tujuan dan Tahapan Metode Systematic Literature Review (SLR)- Salah satu metode penelitian yang banyak digunakan dalam penulisan artikel-artikel jurnal saat ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Metode Systematic Literature Review (SLR) merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada riset tertentu dan pengembangan yang  dilakukan  untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait pada topik tertentu.

Melalui studi literatur sistematik ini peneliti dapat memperoleh research gap serta wilayah penelitian baru yang menarik untuk diteliti. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Barbara Kitchenham pada tahun 2007 melalui papernya yang berjudul Guidelines in performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering.

Untuk memahami metode Systematic Literature Review (SLR) ini silahkan simak penjelasan di bawah ini:



 

Pengertian Systematic Literature Review (SLR)

Systematic Literature Review (SLR) dapat didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi, menilai dan menafsirkan semua bukti penelitian yang tersedia dengan tujuan untuk menyediakan jawaban untuk pertanyaan penelitian secara spesifik.

Menurut Calderon and Ruiz (2015), Systematic Literature Review (SLR) merupakan suatu cara untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi semua penelitian yang relevan terhadap rumusan masalah atau area topik yang diteliti. 

Sedangkan menurut Kitchenham (2004), penelitian SLR dilakukan untuk melakukan identifikasi, evaluasi, dan interpretasi terhadap semua hasil penelitian yang relevan terkait pertanyaan penelitian tertentu, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian.

Tujuan Systematic Literature Review (SLR)

Tujuan penelitian Systematic Literature Review (SLR) adalah untuk menemukan strategi yang akan membantu mengatasi masalah yang dihadapi serta mengidentifikasi perspektif yang berbeda terkait masalah yang sedang diteliti. Selain itu, penelitian SLR juga bertujaun untuk mengungkapkan teori-teori yang relevan dengan kasus dalam penelitian tersebut.

Tahapan Penelitian Systematic Literature Review (SLR)

Penelitian Systematic Literature Review (SLR) terdiri dari 5 tahap, yaitu sebagai berikut:

1. Merumuskan Masalah 

Pada tahap ini peneliti menulis rumusan masalah yang akan dibahas secara mendalam. Rumusan masalah dibuat berdasarkan kebutuhan topik yang akan dipilih oleh peneliti. 

2. Mencari Literatur (Indentifikasi)

Setelah merumuskan topik dan rumusan masalah yang akan diteliti, tahapan selanjutnya adalah melakukan
pencarian artikel yang relevan atau yang biasa dikenal dengan studi literatur. 

3. Memilih Literatur yang Sesuai

Tahapan ini dilakukan untuk memutuskan apakah data yang ditemukan layak atau tidak untuk digunakan dalam penelitian SLR.

4. Analisis Hasil Literatur

Tahap keempat adalah melakukan analisis untuk dikelompokkan sesuai dengan kriteria.

5. Membuat Kesimpulan Penelitian 

Tahap kelima adalah memahami hasil literatur yang telah dirangkum. Pada tahap ini peneliti membuat kesimpulan penelitian yaitu pernyataan singkat tentang hasil analisis atau hubungan yang logis dan berisi jawaban atas pernyataan yang diajukan pada rumusan masalah. Keseluruhan jawaban hanya berfokus pada ruang lingkup pertanyaan yang ada.

Demikian penjelasan mengenai metode Systematic Literature Review (SLR), semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Mengenal jenis dan ragam penelitian  

Tujuan Penelitian

Post a Comment for "Pengertian, Tujuan dan Tahapan Metode Systematic Literature Review (SLR) "