Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Penelitian (Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenis Metode Penelitian)

Rikaariyani.com- Pengertian dan Jenis-Jenis Metode Penelitian- Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Data yang diperoleh melalui penelitian adalah data empiris (teramati) yang mempunyai kriteria tertentu yaitu valid. Valid menunjukkan derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dapat dikumpulkan oleh peneliti.

Metode penelitian memberikan gambaran mengenai penelitian yang akan dilakukan, baik dari segi prosedur, langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, metode pengumpulan data dan lain sebagainya.

Selengkapnya silahkan simak artikel berikut ini:

 


 

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu. Menurut Sugiyono, metode penelitian adalah langkah ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Menurut Winarno, metode penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan menggunakan teknik yang cermat dan sistematis. 

Sedangkan Nasir mengungkapkan bahwa metode penelitian cara yang dilakukan untuk menemukan jawaban dari masalah yang diajukan.

Dapat disimpulkan bahwa metode penelitian adalah cara-cara ilmiah yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi yang selanjutnya dianalisis secara ilmiah pula. Melalui metode penelitian, seorang peneliti akan mampu membuat kesimpulan apa yang ditelitinya. 

Manfaat Metode Penelitian 

Metode penelitian memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah: 1) memperoleh pengetahuan atau penemuan baru, 2) Untuk membuktikan atau menguji kebenaran yang telah ada, 3) Membantu dalam mengembangkan pengetahuan.

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Metode Penelitian terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah:

1. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan angka. Mulai dari proses pengumpulan data hingga penafsirannya. Menurut Sugiyono (2018;13), penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan data konkrit, data penelitian berupa angka-angka yang akan diukur menggunakan statistik.

Metode penelitian kuantitatif memiliki beberapa karakteristik diantaranya adalah: 1) Menggunakan pola pikir deduktif, 2) Menggunakan logika positivistik dan menghindari hal-hal yang bersifat subjektif, 3) Subjek yang diteliti, data yang dikumpulkan, dan sumber data yang dibutuhkan, serta alat pengumpul data yang dipakai sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, 4) Pengumpulan data menggunakan alat yang objektif dan baku, 5) Melibatkan penghitungan angka, Peneliti menempatkan diri secara terpisah dengan objek penelitian, 6) Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul, 7) Hasil penelitian berupa generalisasi dan prediksi.

2. Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang berfokus pada pengamatan yang mendalam. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk meneliti objek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi. Analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih mengarah kepada makna daripada generalisasi.

3. Penelitian Gabungan

Penelitian gabungan yaitu metode penelitian yang mengkombinasikan penelitian kuantitatif  dan penelitian kualitatif. Metode ini sering disebut dengan mixed methods. Menurut Sugiyono (2016), metode penelitian gabungan merupakan metode penelitian dengan mengkombinasikan antara dua metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam suatu kegiatan penelitian sehingga akan diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel, dan objektif.

Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan metode penelitian gabungan adalah untuk menemukan hasil penelitian yang lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan salah satu pendekatan saja, misalnya menggunakan pendekatan kuantitatif saja atau dengan pendekatan kualitatif saja (Creswell, 2012).

4. Metode Penelitian Pengembangan

Metode penelitian pengembangan dikenal dengan istilah Research & Development (R&D). Jenis penelitian ini banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Secara umum penelitian pengembangan diartikan sebagai suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada dengan cara ilmiah. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih jauh atas sebuah teori dalam disiplin ilmu tertentu.

Nah, itulah tadi pengertian metode penelitian dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui. Semoga setelah membaca informasi di atas, teman-teman semakin semangat dalam melakukan penelitian ya. Ingat, penelitian kita saat ini bisa jadi investasi ilmu yang bermanfaat untuk generasi kita ke depannya.

Baca juga artikel lainnya:

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif 


Post a Comment for "Metode Penelitian (Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenis Metode Penelitian)"