Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Tujuan, dan Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian

Rikaariyani.com- Pengertian, Tujuan, dan Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian- Rumusan Masalah yaitu pertanyaan penelitian yang akan dijawab oleh peneliti dalam karya tulis ilmiahnya. Rumusan masalah diperlukan agar pembahasan penelitian sesuai dengan tujuan dan fokus penelitian. Rumusan masalah dapat ditulis dalam beberapa bentuk. Apa saja bentuk-bentuk rumusan masalah?

Silahkan simak penjelasannya di dalam artikel ini:

 


 

Pengertian Rumusan Masalah Menurut Ahli

1. Sugiyono

Menurut Sugiyono, rumusan masalah adalah pertanyaan untuk mencari jawaban melalui pengumpulan data dan kajian data. Menurutnya pula, rumusan masalah berbeda dengan masalah. Masalah adalah bentuk kesenjangan antara yang diharapkan dengan realita yang sebenarnya. Sedangkan rumusan masalah adalah pertanyaan yang dibuat oleh peneliti, kemudian pertanyaan tersebut dicarikan jawabannya melalui penelitian, olah data, eksperimen dan lain sebagainya secara ilmiah.

2. Sutrisno Hadi

Menurut Sutrisno Hadi, rumusan masalah adalah terjadinya peristiwa yang menimbulkan pertanyaan. Berawal dari pertanyaan inilah peneliti melakukan penelitian dan mengumpulkan data-data. 

3. Suharsimi Arikunto

Menurut Suharsimi Arikunto, rumusan masalah adalah pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan di lapangan. 

4. Alan Bryman

Menurut Alan Bryman, rumusan masalah adalah pertanyaan mengenai masalah tertentu yang dianggap menarik dan menjadi  fokus penelitian lebih lanjut.

5. Sumandi Surya Brataba

Sumandi berpendapat bahwa rumusan masalah adalah pedoman dalam pengumpulan data, dimana data yang berbeda digunakan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah itu sendiri.

Tujuan Rumusan Masalah 

Rumusan msalah tidak bisa diabaikan dalam sebuah karya ilmiah, baik itu skripsi, tesis, makalah, maupun proposal penelitian. Rumusan masalah memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rumusan masalah menjadi alasan mengapa penelitian dilakukan.
  2. Menjadi pedoman bagi penulis dalam menyelesaikan karya tulisnya.
  3. Bertujuan untuk menentukan instrumen penelitian, apakah menggunakan kualitatif atau kuantitatif.
  4. Untuk mempermudah penentuan populasi dan sampel.

Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian

1. Rumusan Masalah Deskriptif

Rumusan masalah deskriptif yaitu rumusan  masalah yang berkenaan dengan pertanyaan terhadap keberadaan variabel mandiri, baik pada satu variabel atau lebih. Penelitian ini dinamakan dengan penelitian deskriptif.

Contohnya: Bagaimana pandangan masyarakat terhadap perguruan tinggi swasta?

2. Rumusan Masalah Komparatif

Rumusan komparatif adalah rumusan masalah yang membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda.

3. Rumusan Masalah Assosiatif

Rumusan masalah assosiatif adalah rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. 

Demikian pembahasan mengenai pengertian, tujuan, dan bentuk-bentuk rumusan masalah penelitian. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Cara membuat rumusan masalah yang benar

Kerangka penulisan proposal skripsi 

Menulis Tujuan penelitian dalam proposal


Post a Comment for " Pengertian, Tujuan, dan Bentuk-bentuk Rumusan Masalah Penelitian"