Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe-tipe Kepemimpinan Pendidikan

Rikaariyani.com- Tipe-tipe Kepemimpinan Pendidikan- Kepemimpinan adalah kemampuan dalam memberikan pengaruh, arahan, perintah, dan motivasi kepada anggota-anggota yang ada di lembaga pendidikan agar mereka mampu bekerja dan berkontribusi berdasarkan tugasnya. 

Kepemimpinan juga dapat dipahami sebagai kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Menurut Overton (2002: 3), kepemimpinan adalah kemampuan untuk memperoleh tindakan pekerjaaan dengan penuh kepercayaan dan kerjasama. 

Dalam menjalankan kepemimpinannya seorang pemimpin memiliki gaya atau tipe-tipe sendiri, termasuk kepemimpinan pendidikan. Apa saja tipe-tipe kepemimpinan?  Simak artikel berikut ini:

 



Tipe-tipe Kepemimpinan Pendidikan

Berdasarkan konsep, sifat, sikap, dan cara-cara pemimpin tersebut melakukan dan mengembangkan kegiatan kepemimpinan dalam lingkungan kerja yang dipimpinnya, maka kepemimpinan pendidikan dapat diklasifikasikan kedalam empat tipe, yaitu : tipe otoriter, tipe laissez-faire, tipe demokratis, dan tipe pseudo demokrasi.

1. Tipe Otoriter

Tipe kepemimpinan otoriter disebut juga tipe kepemimpinan “authoritarian” dalam kepemimpinan yang otoriter, pemimpin bertindak sebagai diktator terhadap angota-anggota kelompoknya. Dominasi yang berlebihan mudah menghidupkan oposisi atau menimbulkan sifat apatis, atau sifat-sifat pada anggota-anggota kelompok terhadap pemimpinnya.

2. Tipe “Laissez-faire” 

Dalam tipe kepemimpinan ini sebenarnya pemimpin tidak memberikan kepemimpinannya, dia membiarkan bawahannya berbuat sekehendaknya. Pemimpin sama sekali tidak memberikan kontrol dan koreksi terhadap pekerjaan bawahannya. Pembagian tugas dan kerjasama diserahkan sepenuhnya kepada bawahannya tanpa petunjuk atau saran-saran dari pemimpin. Tingkat keberhasilan organisasi atau lembaga semata-mata disebabkan karena kesadaran dan dedikasi beberapa anggota kelompok, dan bukan karena pengaruh dari pemimpin. Struktur organisasinya tidak jelas dan kabur, segala kegiatan dilakukan tanpa rencana dan tanpa pengawasan dari pimpinan.

3. Tipe Demokratis

Pemimpin yang bertipe demokratis menafsirkan kepemimpinannya bukan sebagai diktator, melainkan sebagai pemimpin di tengah-tengah anggota kelompoknya. Pemimpin yang demokratis selalu berusaha mestimulasi anggota-anggotanya agar bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan bersama. Dalam tindakan dan usaha-usahanya ia selalu berpangkal pada kepentingan dan kebutuhan kelompoknya, dan memperimbangkan kesanggupan serta kemampuan kelompoknya.

4. Tipe Pseudo-demokratis

Tipe ini disebut juga demokratis semu atau manipulasi diplomatik. Pemimpin yang bertipe pseudo demokratis hanya tampaknya saja bersikap demokratis padahal dia sebenarnya bersikap otokratis. Misalnya jika ia mempunyai ide-ide, pikiran, konsep-konsep yang ingin diterapkan di lembaga yang dipimpinnya, maka hal tersebut didiskusikan dan dimusyawarahkan dengan bawahannya, tetapi situasi diatur dan diciptakan sedemikian rupa sehingga pada akhirnya bawahan didesak agar menerima ide/pikiran/konsep tersebut sebagai keputusan bersama.

Syarat-syarat Pemimpin Pendidikan

Dalam memangku jabatan pemimpin pendidikan yang dapat melaksanakan tugas-tugasnya dan memainkan perannya sebagai pemimpin yang baik dan sukses, maka dituntut beberapa persyaratan jasmani, rohani dan moralitas yang baik, bahkan persyaratan sosial ekonomis yang layak. Akan tetapi pada bagian ini yang akan dikemukakan hanyalah persyaratan-persyaratan kepribadian dari seorang pemimpin yang baik, persyaratan-persyaratan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Rendah hati dan sederhana
  • Bersifat suka menolong
  • Sabar dan memiliki kestabilan emosi
  • Percaya kepada diri sendiri
  • Jujur, adil dan dapat dipercaya
  • Keahlian dalam jabatan

Adanya syarat-syarat kepemimpinan seperti diuraikan di atas menunjukkan bahwa kepemimpinan bukan hanya memerlukan kesanggupan dan kemampuan saja, tetapi lebih-lebih lagi kemampuan dan kesediaan pemimpin.

Baca juga artikel lainnya:

Kepemimpinan adalah

Gaya kepemimpinan partisipatif

Karakteristik kepemimpinan transformasional 

Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan tinggi

Faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan 



Post a Comment for "Tipe-tipe Kepemimpinan Pendidikan"