Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Manajemen Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Rikaariyani.com- Tujuan Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan- Manajemen merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi. Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Dalam dunia pendidikan, manajemen yang dijalankan adalah untuk mencapai tujuan pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan harapan orang banyak. Salah satu hal yang perlu dimenej dalam lembaga pendidikan adalah tenga pendidik dan kependidikan.

Apa saja fungsi manajemen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan? Baca selengkapnya di dalam artikel berikut ini:

 

 

 

Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 5 dan 6 yang dimaksud dengan tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

Tenaga pendidik dan pendidikan yang kompeten merupakan substansi penting. Sebuah lembaga pendidikan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, dana yang mencukupi, serta sumber daya yang banyak akan sia-sia apabila tidak didukung oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.

Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan adalah aktivitas yang harus dilakukan mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan masuk ke dalam organisasi pendidikan sampai akhirnya berhenti melalui
proses perencanaan sumber daya manuasia, perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian, kompensasi, penghargaan, pendidikan danlatihan atau pengembangan dan pemberhentian (Aedi Nur, 2016). 

Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan merupakan kegiatan yang mencakup penetapan norma, standar, prosedur, pengangkatan, pembinaan, penatalaksanaan, kesejahteraan dan pemberhentian tenaga kependidikan sekolah agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam mencapai tujuan sekolah.

Fungsi Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan memiliki beberapa fungsi diantarannya:

1. Pengadaan 

Pengadaan adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan tenaga pendidik yang efektif dan efisien. Pengadaan tenaga pendidik dan kependidikan harus mendapatkan perhatian yang serius serta didasarkan pada analisis pekerjaan (Job Spesification) persyaratan pekerjaan dan evaluasi pekerjaan, pengayaan pekerjaan, perluasan pekerjaan dan penyederhanaan pekerjaan. 

Jadi, perekrutan calon tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan agar tenaga pendidik yang diterima sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang dilakukan.

2. Penyeleksian

Proses seleksi terdiri dari berbagai spesifik yang diambil untuk memutuskan pelamar mana yang akan diterima dan pelamar mana yang akan ditolak. Proses seleksi dimulai dari penerimaan lamaran dan berakhir dengan keputusan terhadap lamaran tersebut.

3. Pengangkatan

Secara garis besar pengangkatan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan merupakan  suatu   tahapan dalam memutuskan pelamar mana yang akan diterima atau ditolak oleh sebuah lembaga pendidikan dengan mengacu pada sistem musyawarah sebagai hasil akhir.

4. Penempatan 

Menurut  hasibuan, penempatan tenaga  pendidik dan kependidikan merupakan  tindak  lanjut  dari  seleksi. Yuniarsih  dan  Suwatno (2016),  menyebutkan  bahwa penempatan tenaga  pendidik dan tenaga kependidikan berarti  mengalokasikan  para pegawai pada  posisi  tertentu.

5. Pelatihan 

Pelatihan (training) adalah suatu proses pendidikan jangka pendek yang mengunakan prosedur sistematis dan terorganisir. Tujuan utama pelatihan tenaga pendidik dan kependidikan adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan tenaga pendidik sehingga mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.


Post a Comment for "Fungsi Manajemen Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan"