Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli

Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli- Salah satu metode analisis data dalam penelitian kualitatif adalah reduksi data. Apa itu reduksi data? reduksi data yaitu memilih data sesuai dengan topik penelitian. Kegiatan reduksi data ini dapat membantu peneliti dalam melakukan pengumpulan data selanjutnya. 

 


 

Pengertian reduksi data

Reduksi data dapat diartikan sebagai kegiatan merangkum hal-hal yang dianggap penting dan sesuai dengan tema penelitian. Reduksi data juga merupakan proses berpikir kritis yang memerlukan kecerdasan dan kedalaman wawasan.

Reduksi data adalah satu metode analisis data yang dapat digunakan oleh peneliti dalam menganalisis hasil penelitian.

Reduksi data juga dapat dipahami sebagai proses menyeleksi data yang telah terkumpul ke dalam suatu kategori atau pokok permasalahan.  

Reduksi data dilakukan selama proses pengumpulan data berlangsung. Pada tahap reduksi data, peneliti dapat memberikan kode, meringkas, dan membuat bagian-bagian tertentu. Pada tahap ini, peneliti dapat menyingkirkan data-data yang dianggap tidak perlu. 

Proses reduksi data terus berlanjut hingga laporan penelitian tersusun lengkap. Salah satu tujuan dari reduksi data ini adalah supaya memudahkan penelitian dalam menarik kesimpulan. Data yang direduksi akan memberikan gambaran yang lebih spesifik dan lebih mempermudah peneliti mengumpulkan data yang selanjutnya. 

Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli

1. Sugiyono  

Menurut Sugiyono (2015), reduksi data adalah mencatat data yang telah diperoleh dengan teliti dan rinci. Data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya. Reduksi data juga dilakukan untuk memandu peneliti agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Miles dan Huberman

Menurut Miles dan Huberman (2007), reduksi data yaitu suatu bentuk analisis yang menggolongkan, mengarahkan, dan membuang data yang tidak perlu dan mengorganisasi data dengan cara sedemikian rupa sehingga dapat ditarik kesimpulan final dan diverifikasi.

3. Mantja

Menurut Mantja (dalam Harsono: 2018) reduksi data dilakukan secara terus-menerus selama penelitian berlangsung. Produk dari reduksi data ini adalah berupa ringkasan dari catatan lapangan, baik catatan awal, maupun catatan tambahan.

4. Agusta

Agusta (2003) mengungkapkan bahwa reduksi data meliputi empat hal, yaitu: meringkas data, mengkode, menelusuri tema, dan membuat gugus-gugus.

5. Daymon dan Holloway

Menurut Daymon dan Holloway (2008), reduksi data adalah proses memilah-milih data yang tidak beraturan menjadi potongan-potongan yang lebih teratur dengan mengoding, menyusunnya menjadi kategori dan merangkumnya menjadi pola dan susunan yang sederhana.

Dapat disimpulkan bahwa reduksi data adalah proses pemilihan data sesuai dengan fokus penelitian. Reduksi data dapat berbentuk sinopsis, matriks dan lainnya. Reduksi data diperlukan untuk mempermudah peneliti dalam memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Reduksi data juga diperlukan untuk mempermudah peneliti mengumpulkan data tambahan jika diperlukan.

Baca juga artikel lainnya:

Hakikat analisis data dalam penelitian

Pengertian wawancara mendalam

Metode pengumpulan data dalam penelitian 

Post a Comment for "Pengertian Reduksi Data Menurut Para Ahli"