Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Layanan Asrama Bagi Peserta Didik

Layanan Asrama Bagi Peserta Didik- Salah satu layanan khusus peserta didik adalah layanan asrama. Asrama adalah tempat penginapan yang ditujukan untuk anggota suatu kelompok, umumnya murid-murid sekolah. Asrama biasanya merupakan sebuah bangunan dengan kamar-kamar yang dapat ditempati oleh beberapa penghuni di setiap kamarnya. Para penghuninya menginap di asrama untuk jangka waktu yang lebih lama dari pada di hotel atau losmen.

Selengkapnya akan dibahas di dalam artikel berikut ini:

 



Pengertian Asrama

Menurut Alfin Toffler (dalam Kusmintardjo, 1993), asrama adalah suatu tempat tinggal bagi anak-anak di mana mereka diberi pengajaran atau bersekolah.

Sedangkan Good (1959) menyatakan bahwa asrama merupakan lembaga pendidikan baik tingkat dasar ataupun tingkat menengah yang menjadi tempat bagi para siswa selama mengikuti program pengajaran.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa asrama adalah tempat di mana para siswa bertempat tinggal dalam jangka waktu yang relatif lama bersama dengan guru sebagai pengasuhnya yang memberikan bantuan kepada para siswa dalam proses pengembangan pribadinya melalui proses penghayatan dan pengembangan nilai budaya.

Fasilitas Asrama

Beberapa fasilitas yang harus dimiliki asrama sekolah sebagai berikut:

  1. Memiliki kamar tidur yang cukup luas sehingga dapat menampung semua penghuni asrama beserta pengawas-pengawasnya. 
  2. Memiliki kamar pakaian yang dilengkapi lemari pakaian serta rak sepatu/ sandal yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah penghuni, dan apabila tidak mungkin kedua kamar (kamar tidur dan kamar pakaian) dipisahkan, maka kedua kamar tersebut dapat disusun menjadi satu kamar dengan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing. 
  3. Memiliki ruang makan yang dilengkapi dengan meja dan kursi yang sesuai dengan jumlah penghuni yang menggunakannya. 
  4. Memiliki kamar mandi dan WC yang memadai dengan jumlah pemakai (kira-kira 1/5 dari jumlah penghuni), serta dilengkapi dengan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan. 
  5. Memiliki kamar belajar yang cukup luas dan dapat diselaraskan dengan kebutuhan belajar para penghuninya, misalnya apabila asrama diadakan selokasi dengan sekolah, maka kegiatan belajar dapat dilaksanakan atau menempati kelas-kelas yang ada. 
  6. Memiliki tempat mencuci pakaian yang memadai dengan kebutuhan para penghuninya, serta dengan persediaan air yang cukup dan alat-alat yang diperlukan. 
  7. Memiliki halaman yang dapat dipergunakan untuk sekedar rekreasi atau bersantai dikala istirahat sehabis menjalankan kegiatan yang melelahkan. 
  8. Memiliki lapangan olah raga atau bangsal olahraga, yang juga dapat dipergunakan untuk latihan kesenian, senam, dan kegiatan lainnya yang memerlukan bangsal. 
  9. Memiliki tempat ibadah, yang disesuaikan dengan kebutuhan beribadah para penghuninya. 
  10. Memiliki ruang untuk menerima tamu. 
  11. Memiliki perpustakaan beserta ruang baca yang memadai. 
  12. Memiliki ruangan khusus untuk mereka yang sedang menderita sakit untuk memudahkan pelayanan dan memungkinkan penularan penyakit dapat dicegah.

Baca juga artikel lainnya:

Layanan kantin atau kafetaria sekolah

Layanan perpustakaan sekolah

Post a Comment for "Layanan Asrama Bagi Peserta Didik"