Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Layanan Perpustakaan Sekolah

Rikaariyani.com- Layanan Perpustakaan Sekolah- Perpustakaan merupakan bagian integral di sebuah lembaga pendidikan. Peranan perpustakaan untuk membantu terselenggaranya pendidikan dengan baik. 

Sasaran dan tujuan operasional dari perpustakaan sekolah adalah untuk memperkaya, mendukung, memberikan kekuatan, dan mengupayakan penerapan program pendidikan yang memenuhi setiap kebutuhan siswa.

Di samping itu, juga untuk mendorong dan memungkinkan siswa mengoptimalkan potensi mereka sebagai pelajar.

 

 Layanan Perpustakaan Sekolah

Layanan Perpustakaan Sekolah


Pengertian Perpustakaan

Perpustakaan dalam bahasa Inggris disebut library, juga berasal dari kata liber atau libri (latin) yang berarti kulit dari batang pohon. Dalam bahasa Perancis, perpustakaan disebut Bibliotheque. 

Dalam bahasa Jerman dinamakan Bibliothek, dan dalam bahasa Belanda dinamakan Bibliotheek. Kalimat-kalimat tersebut berasal dari kata Biblos (Yunani) yang berarti Papyrus (rumput yang ditumbuk, dikeringkan menjadi bahan untuk ditulisi), kemudian berubah menjadi Biblion yang artinya tempat. Jadi, Bibliotheke berarti tempat atau kumpulan buku.

Banyak pendapat yang mengemukakan tentang apa yang disebut perpustakaan atau library, tetapi pada prinsipnya memiliki arti yang sama. 

Menurut IFLA (International of Library Associationsand Institutions) “Perpustakaan adalah kumpulan bahan cetak dan non cetak atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.”

Menurut Sutarno NS (2003) “perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/ bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu- waktu diperlukan untuk pembaca.”

Lasa (2007:12) mengemukakan perpustakaan sebagai kumpulan atau bangunan fisik untuk tempat buku dikumpulkan dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai.

Dalam Encyclopedia Britania, dijelaskan bahwa perpustakaan adalah koleksi buku-buku, baik yang dicetak ataupun dalam bentuk tulisan. Dalam Encyclopedia Americana, dijelaskan bahwa perpustakaan adalah kumpulan buku-buku yang terdiri dari bermacam-macam nama dan ditulis dalam bermacam-macam bahasa.

Elizabeth H. Thomson dalam bukunya “ALA Glassary of Library Terms”, mengatakan bahwa: perpustakaan adalah suatu ruangan atau gedung tempat menyimpan koleksi buku-buku dan sejenisnya, yang diorganisir dan diadministrasi sebagai bahan bacaan, memperoleh informasi, dan belajar.

Sedangkan Moxam dalam bukunya tentang ilmu perpustakaan mengatakan perpustakaan adalah tempat pengumpulan pustaka atau kumpulan pustaka yang disusun dan diatur dengan sistem tertentu dan tiap-tiap tulisan, sehingga sewaktu-waktu diperlukan dapat diketemukan dengan mudah dan cepat.

Menurut RUU Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

Dengan demikian, bukan sembarang kumpulan buku dapat kita sebut perpustakaan, dan bukan sembarang tempat pengumpulan buku kita sebut perpustakaan. Namun, kumpulan buku dan bahan pustaka lainnya itu harus diatur dan disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan yang mempunyai tujuan tertentu. Bahan pustaka dapat berupa buku, naskah, gambar, foto, slide, film, dan sebagainya.

Baca juga: Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca

Fugsi Perpustakaan

Fungsi perpustakaan sekolah, antara lain:

1. Fungsi pusat belajar mengajar

Perpustakaan sekolah mengandung arti bahwa proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan peserta didik dapat dilakukan dengan kelengkapan koleksi bahan pustaka yang berasal dari perpustakaan sekolah. Fungsi ini juga mengandung arti, bahwa ketika guru berhalangan mengajar, peserta didik dapat ditugaskan mencari materi-materi yang telah digariskan oleh kurikulum melalui perpustakaan sekolah.

2. Fungsi penelitian dan telaah kepustakaan 

Perpustakaan mengandung arti bahwa peserta didik dapat mengadakan penelitian literatur di perpustakaan dan mengadakan telaah pustaka. Konsep-konsep dan teori-teori yang pernah peserta didik terima termasuk yang diterima oleh gurunya dapat di cek ricek, apakah telah benar, sesuai atau berbeda    dengan    yang    ia    temukan.    Dengan demikian, peserta didik dapat memahami sesuatu dari perspektif yang jauh lebih luas.

3. Fungsi pusat ilmu pengetahuan

Perpustakaan mengandung arti bahwa dalam koleksi bahan pustaka yang tersimpan di perpustakaan, tersimpan juga ilmu pengetahuan. Dengan fungsi demikian, maka peserta didik akan sadar sepenuhnya, bahwa pengetahuan yang didapatkan dari guru mereka adalah sedikit dari banyak ilmu pengetahuan yang sebenarnya ada di perpustakaan.

4. Fungsi pusat rekreasi

Perpustakaan sebagai pusat rekreasi mengandung arti bahwa peserta didik dapat memanfaatkan koleksi bahan pustaka yang mempunyai muatan rekreatif sebagai sarana rekreasi. Bacaan-bacaan fiksi dan ringan, bacaan dengan nada humor, sebenarnya dapat menghibur peserta didik di sela-sela proses kegiatan belajar mengajar yang mungkin di antaranya ada yang menegangkan. Manakala peserta didik mau membaca bacaan- bacaan demikian, tentulah sekaligus terhibur dan dia sudah sama dengan rekreasi.

5. Fungsi pusat apresiasi

Perpustakaan mengandung arti bahwa dengan mengkaji karya-karya yang ada di perpustakaan, peserta didik akan dapat menghargai karya orang lain. Ia yang mungkin tidak sejaman dengan pengarangnya, dapat menyelam jauh ke belakang, mengapresiasikan ide-ide yang ditampilkan dalam koleksi bahan pustaka tersebut.

Karakteristik Perpustakaan

Perpustakaan sekolah yang dilengkapi secara tepat hendaknya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Rasa aman 
  2. Pencahayaan yang baik 
  3. Didesain untuk mengakomodasi perabotan yang kokoh, tahan lama dan fungsional, serta memenuhi persyaratan ruang, aktivitas dan pengguna perpustakaan. 
  4. Didesain untuk mengakomodasi perubahan pada program sekolah, program pengajaran, serta perkembangan teknologi audio, video dan data yang muncul. 
  5. Didesain untuk memungkinkan penggunaan, pemeliharaan serta pengamanan yang sesuai menyangkut perabotan, peralatan, alat tulis kantor dan materi. 
  6. Dirancang dan dikelola untuk menyediakan akses yang cepat dan tepat waktu. 
  7. Dirancang dan dikelola sehingga secara estetis pengguna tertarik dan kondusif dalam hiburan serta pembelajaran, dengan panduan dan tanda- tanda yang jelas dan menarik.

Layanan Perpustakaan Sekolah

Layanan perpustakaan diperlukan untuk memberikan layanan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah, melayani informasi yang dibutuhkan serta memberikan layanan rekreatif melalui koleksi bahan pustaka. Keberadaan perpustakaan sangatlah penting karena perpustakaan juga dipandang sebagai kunci dalam pembelajaran peserta didik di sekolah.

Perpustakaan dapat memperkaya dan memperluas cakrawala pengetahuan peserta didik, meningkatkan ketrampilan peserta didik, membantu peserta didik dalam mengadakan penelitian, memperdalam pengetahuannya yang berkaitan dengan subjek yang diminati, serta meningkatkan minat baca peserta didik dengan adanya bimbingan membaca, dan sebagainya.

Perpustakaan sekolah akan bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, peserta didik mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, peserta didik terbiasa belajar mandiri, menjadi terlatih ke arah tanggung jawab, selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai layanan perpustakaan sekolah, semoga bermanfaat.

Baca juga: Fungsi perpustakaan bagi mahasiswa

 

Post a Comment for "Layanan Perpustakaan Sekolah "