Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Universitas Terbaik di Brunei Darussalam

Rikaariyani.com- Universitas Terbaik di Brunei Darussalam- Brunei Darussalam merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Tak hanya kaya, Brunei Darussalam juga maju dalam bidang pendidikan. Banyak pelajar Indonesia dan negara lainnya yang tertarik melanjutkan pendidikan di Brunei. 

Biaya pendidikan di Brunei Darussalam juga tidak terlalu tinggi karena rata-rata hanya membutuhkan sebesar USD1400 sampai USD1700 per semester pada jenjang pendidikan diploma maupun sarjana. Sedangkan untuk biaya program S2 mencapai USD3200 dolar tiap semester. Selain itu, beberapa Universitas di Brunei Darussalam juga menyediakan berbagai peluang beasiswa bagi para mahasiswa, termasuk mahasiswa dari Indonesia.

Buat kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Brunei Darussalam, berikut beberapa universitas terbaik yang ada di Brunei Darussalam.

 

 

Universitas Terbaik di Brunei Darussalam

 1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)

Universiti Brunei Darussalam yang disingkat UBD berdiri pada tahun 1985. Universiti Brunei Darussalam merupakan universitas pertama dan terbesar di Brunei Darussalam, total mahasiswa pada angkatan pertamanya berjumlah 176 orang. 

Universiti Brunei Darussalam yang beralamatkan di Jalan Tungku Link, Gadong BE1410, Brunei ini menjadi universitas terbaik ke 69 di Asia dan menempati urutan ke-250 dalam QS World University Rankings 2022. Saat ini terdapat sembilan fakultas dan tujuh institut penelitian yang ada di UBD, diantaranya adalah bidang Sains, Ilmu Kesehatan, Kajian Asia, Kajian Kebijakan, Pendidikan, Bisnis, Teknik, Keanekaragaman Hayati, Material & Energi Canggih Sains, Penelitian Lanjutan, Analisis Data Terapan, Studi Islam, Kepemimpinan, Inovasi & Kemajuan.

2. Universiti Islam Sultan Sharif Ali

Universiti Islam Sultan Sharif Ali yang disingkat dengan UNISSA merupakan Universitas Islam nasional pertama di Brunei yang berdiri pada tahun 2007. Seluruh program studi yang ada di UNISSA berlandaskan studi Islam. Bahasa pengantar yang digunakan dalam perkuliahan adalah bahasa Arab.

UNISSA adalah salah satu kampus yang pernah kami kunjungi bersama dengan rekan-rekan mahasiswa program Doktor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. 

Saat ini UNISSA memiliki beberapa fakultas, diantaranya ada fakultas Ushuluddin, Hukum dan Syariah, Sastra Arab, Ekonomi dan Keuangan Islam, serta Manajemen Pengembangan Islam. Program yang tersedia meliputi program sarjana, magister, dan juga doktor.

3. Universiti Teknologi Brunei

Universitas Teknologi Brunei yang disingkat dengan UTB berdiri pada tahun 1986. Universiti Teknologi Brunei merupakan perguruan tinggi yang memiliki spesialisasi dalam bidang teknik, bisnis, dan komputer. 

Pada awalnya perguruan tinggi ini bernama Institut Teknologi Brunei (ITB), pada tahun 2008 berubah status menjadi universitas dan dikenal dengan universitas teknik dan teknologi terbaik di Brunei.

4. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan

Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan yang disingkat dengan KUPUSB merupakan universitas negeri yang ada di Bandar Seri Begawan Brunei Darussalam. Universitas ini didirikan oleh Sultan Hassanal Bolkiah pada tahun 2017. Hal ini sekaligus menjadi universitas nomor 4 di Brunei Darussalam. 

Universitas ini memiliki beberapa fakultas, yakni fakultas Pendidikan, penggajian kepahaman Ahli Sunah Waljamaah, Fakultas Syariah, Pusat Pengajian Lepas Ijazah, dan masih banyak lagi.

5. Politeknik Brunei

Politeknik Brunei beralamatkan di Block 2E Ong Sum Ping Condominium, Jalan Ong Sum Ping, Bandar Seri Begawan BA1311, Brunéi. Politeknik Brunei ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan memprodukti tenaga kerja yang handal dalam bidang medis.

Program yang dimiliki oleh perguruan tinggi ini adalah diploma in health science yang meliputi keperawatan, paramedis, dan kebidanan.

Itulah beberapa universitas terbaik di Brunei Darussalam. Semoga informasi yang ada di dalam artikel ini bermanfaat, terutama buat kamu para calon mahasiswa yang memiliki keinginan untuk kuliah di Brunei Darussalam.

Baca juga artikel lainnya:

 


Post a Comment for "Universitas Terbaik di Brunei Darussalam"