Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Rikaariyani.com- Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)- Guru memiliki tugas yang beragam. Selain mendidik dan mengajar, guru juga dituntut untuk mampu menulis dan melakukan penelitian, terutama penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan yang ada di kelas. Selain itu, penelitian tindakan kelas juga dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Selengkapnya akan kita bahas di dalam artikel berikut ini:


 

 

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang bersifat reflektif dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) juga dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di kelas melalui refleksi diri sebagai upaya dalam memecahkan masalah.

Menurut Suharsimi Arikunto, dkk (2006), penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan melalui suatu pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. 

Menurut Aqib (2011), penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Menurut O’Brien (Mulyatiningsih, 2011), penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan pada sekelompok siswa dan menetapkan suatu tindakan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan.

Sanjaya (2009) menyatakan bahwa penelitian tindakan kelas adalah proses penyelidikan masalah pembelajaran yang ditemui dalam kelas, termasuk menemukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut melalui tindakan-tindakan terencana.

Sedangkan menurut Supardi (2006), penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang mampu menawarkan cara dan prosedur baru untuk memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas


Adapun tujuan penelitian tindakan kelas diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi, menemukan solusi, dan mengatasi permasalahan yang ada di kelas
  2. Memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas
  3. Meningkatkan profesionalisme guru
  4. Menumbuhkan budaya akademik guru. 
  5. Meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. 
  6. Mengasah kemampuan guru dalam menganalisis 
  7. Meningkatkan kreatifitas guru
  8. Meningkatkan inovasi guru dalam mengajar. 
  9. Meningkatkan keterampilan dan motivasi belajar siswa.
  10. Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas 

Menurut Suhardjono (2007:62), penelitian tindakan kelas memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah:  

1. Adanya tindakan atau action 

Tindakan dilakukan pada situasi alami dan ditujukan untuk memecahkan permasalahan secara praktis. Tindakan tersebut merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan tertentu.  

2. Berupaya Untuk Memecahkan Masalah

Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan yang berupaya untuk memecahkan masalah yang ditemui di dalam kelas. Selain itu, penelitian tindakan kelas juga merupakan bagian penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. 

3. Berfokus Pada Masalah Praktis

Penelitian tindakan kelas lebih berfokus pada permasalahan nyata yang terjadi di kelas, bukan pada kajian teoritis atau hasil penelitian terdahulu.

4. Diawali dengan Permasalahan yang Sederhana 

Penelitian tindakan kelas dimulai dari permasalahan yang sederhana, nyata, jelas, dan tajam mengenai hal-hal yang terjadi di dalam kelas.\

5. Adanya Kerjasama dengan Pihak Lain

Penelitian tindakan kelas juga melibatkan kepala sekolah, guru-guru, dan juga siswa. Melalui kerjasama tersebut akan melahirkan kesamaan tindakan dalam pengambilan keputusan.

Demikian pembahasan mengenai penelitian tindakan kelas, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Post a Comment for "Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"