Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah PTK Menjadi Buku

Rikaariyani.com- Cara Mengubah PTK Menjadi Buku- Seorang guru tentu tidak asing dengan PTK atau penelitian tindakan kelas. PTK merupakan salah satu syarat jika seorang guru ingin naik pangkat. PTK juga merupakan salah satu bentuk peningkatan profesionalisme guru.

Penelitian tindakan kelas yang telah ditulis oleh guru bisa diubah menjadi sebuah buku. Bagaimana cara mengubah PTK menjadi buku? Simak artikel ini hingga selesai.

 Cara Mengubah PTK Menjadi Buku

 

PTK menjadi buku
pixabay

Apa itu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)?

Penelitian tindakan kelas atau disingkat dengan PTK yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas yakni:

  • Untuk memperbaiki pola guru dalam mengajar 
  • Untuk memperbaiki perilaku peserta didik di kelas 
  • Untuk meningkatkan proses pembelajaran yang efektif 
  • Untuk meningkatkan profesionalisme guru 

Apa Manfaat PTK?

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki beberapa manfaat bagi guru, diantaranya adalah:
  1. Sebagai bukti bahwa guru yang bersangkutan telah menulis karya ilmiah dan bisa digunakan untuk kenaikan pangkat, mengikuti lomba guru berprestasi dan lainnya. 

  2. Dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas, guru menjadi terbiasa memecahkan masalah yang dihadapi terkait dengan proses pembelajaran.

 Baca juga: contoh makalah grounded theory

Bagaimana Mengubah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menjadi Buku?

Penelitian tindakan kelas (PTK) yang ditulis oleh guru, selain bisa diterbitkan dalam bentuk jurnal, juga bisa dijadikan sebuah buku. Bagaimana caranya? Tentunya harus diformat sebagaimana layaknya buku, baik dari segi judul, sistematika penulisan, bahasa, dan lainnya.

1. Dari Segi Judul

Judul PTK harus kita ubah menjadi judul buku. Di mana judul buku harus lebih singkat, padat, dan menarik.

Contohnya:

Judul PTK “Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak kelompok B TK Buah Hati Kota Jambi.

Judul PTK di atas dapat diubah menjadi judul buku: “Peranan media audio visual dalam pembelajaran.

Atau bisa juga dengan “media audio visual: tingkatkan keterampilan menulis”

2. Dari Segi Sistematika Penulisan

Pada bab 1 atau bab pendahuluan buku hilangkan bagian yang tidak diperlukan, seperti rumusan masalah, tujuan penulisan, dan manfaat penulisan. Cukup masukkan latar belakang penulisan saja.

Kemudian pada bab II PTK yaitu kajian pustaka, ubah dengan melalukan pengembangan materi. Ini merupakan bagian penting dalam sebuah buku yang kita konversikan. Pertajam setiap materi sesuai dengan tema yang diangkat.

Pada bab III atau metode penelitian tidak perlu dimasukkan pada buku yang kita konversikan.

Untuk hasil penelitian, dapat kita uraikan dengan menyertakan gambar sesuai dengan tema yang kita angkat.

3. Dari Segi Bahasa Yang Digunakan

Gunakan kata-kata yang mudah dipahami. Hilangkan semua kata-kata “penulis atau peneliti” karena buku bukanlah laporan penelitian.

4. Lengkapi Buku Yang Telah Dikonversi

Beberapa hal yang perlu ada dalam sebuah buku adalah kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka, profil penulis, dan juga synopsis.

Demikianlah beberapa langkah sederhana mengkonversi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ke buku. Gampang bukan? Bagi bapak dan ibu guru yang punya PTK, silahkan dicoba untuk mengkonversikannya ke dalam bentuk buku.

Baca juga: Cara membuat ebook menggunakan google drive

Semoga bermanfaat….


   
Thanks,

rikaariyani.com

Post a Comment for "Cara Mengubah PTK Menjadi Buku"