Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ruang Lingkup Manajemen dan Administrasi Pendidikan

Rikaariyani.com- Ruang Lingkup Manajemen dan Administrasi Pendidikan- Manajemen dan administrasi pendidikan tidak hanya menyangkut pendidikan formal saja, namun juga pendidikan non formal, seperti kursus, pelatihan, dan sebagainya. Secara umum, ruang lingkup administrasi pendidikan meliputi administrasi kurikulum, kepegawaian, peserta didik, sarana dan prasarana, tata usaha, pembiayaan, dan juga hubungan masyarakat.

Selengkapnya akan penulis bahas di dalam artikel berikut ini:

 



Ruang Lingkup Manajemen dan Administrasi Pendidikan

1. Administrasi Kurikulum

Administrasi kurikulum yakni program pelayanan Pendidikan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tutjuan Pendidikan. Kegiatan administrasi kurikulum meliputi 3 hal pokok, yakni kegiatan yang berhubungan dengan guru, kegiatan yang berhubungan dengan siswa, dan kegiatan yang berhubungan dengan Lembaga Pendidikan.

2. Administrasi Kepegawaian

Administrasi kepegawaian yakni Kegiatan administrasi yang berkaitan dengan perencanaan, pengadaan, pembinaan dan pendayagunaan pegawai, baik  tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan seperti staf tata usaha dan pegawai perpustakaan. 

3. Administrasi Kesiswaan

Administrasi kesiswaan yakni kegiatan administrasi yang berhubungan dengan siswa atau peserta didik, dimulai dari pertama kali mereka masuk hingga tamat dan menjadi alumni. Beberapa kegiatan administrasi kesiswaan diantaranya adalah kegiatan rekrutmen siswa baru, pengelompokan siswa berdasarkan jurusan, progam bimbingan dan penyuluhan, kedisiplinan siswa, kehadiran siswa, kemajuan akademik siswa, kegiatan ekstra kurikuler siswa, dan lain sebagainya.

4. Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan

Administrasi Sarana dan Prasarana pendidikan yakni proses perencanaan, pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana Pendidikan, sehingga proses pembelajaran efektif dan efisien dan tercapai tujuan Pendidikan yang diharapkan.

5. Adminsitrasi Ketatausahaan

Administrasi ketatausahaan yakni kegiatan administrasi pendidikan yang berkaitan dengan pencatatan, pengumpulan, dan penyimpanan data atau dokumen sehingga dapat dipergunakan untuk membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan, urusan surat menyurat serta laporan-laporan mengenai kegiatan sekolah.

6. Administrasi Pembiayaan

Administrasi pembiayaan yakni administrasi yang berhubungan dengan pengelolaan pembiayaan Pendidikan yang dimulai dari perencanaan hingga pengukuran efisiensi dalam proses Pendidikan. Seperti  spp siswa, sumber-sumber keuangan lainnya, alokasi pembiayaan dan pertanggung jawaban penggunaannya.

7. Administrasi Tata Hubungan Masyarakat

Administrasi tata hubungan dengan masyarakat yakni kegiatan administrasi yang berhubungan dengan kemasyarakatan atau disebut juga dengan HUMAS. Hubungan dengan masyarakat didasarkan kepada ketentuan bahwa masyarakat adalah salah satu penanggung jawab sekolah.

Baca juga artikel lainnya:

Fungsi manajemen dan administrasi pendidikan

Pengertian manajemen dan administrasi pendidikan

Rps Manajemen dan administrasi pendidikan 


Mau lulus tes CPNS dan PPPK? 

Berikut kisi-kisi soal tes CPNS dan PPPK, klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya.


 

Tembus CPNS 2023



Post a Comment for "Ruang Lingkup Manajemen dan Administrasi Pendidikan"