Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Tujuan, Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan SDM

 



Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)

Pengembangan sumber daya manusia yakni upaya dalam mengembangkan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia melalui proses perencanaan, pelatihan, dan pengelolaan SDM untuk mencapai hasil yang optimal.

Pengembangan sumber daya manusia juga dapat diartikan sebagai pelatihan pengembangan, yakni serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap, dan kinerja individu, kelompok, dan seluruh organisasi.

Menurut Adrew E yang dikutip oleh Mangkunegara, pengembangan berbeda dengan pelatihan. Pengembangan adalah proses Pendidikan jangka pendek dengan prosedur yang sistematis dan terorganisir untuk mencapai tujuan.

Pendapat lain dikemukakan oleh Fastino (2002: 6), bahwa yang dimaksud dengan pengembangan sumber daya manusia adalah suatu proses perencanaan Pendidikan, pelatihan, dan pengelolaan tenaga pendidik untuk mencapai hasil yang optimal.

Sedangkan menurut Wendell French, pengembangan merupakan penarikan, seleksi pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan sumber daya manusia oleh organisasi atau Lembaga.

Dapat disimpulkan bahwa pengembamban sumber daya manusia merupakan suatu hal yang sangat urgent, karena SDM merupakan asset yang sangat berharga dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Pengembangan sumber daya manusia meliputi pengembangan karir, kesempatan kerja, dan juga Pendidikan dan pelatihan.
 
 
Kacamata anti radiasi



Tujuan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Menurut Maryoto (1986: 34), tujuan pengembangan sumber daya manusia adalah untuk memperbaiki efektivitas dan efisiensi kerja dalam melaksanakan dan mencapai sasaran program-program kerja yang telah ditetapkan.

Secara lebih spesifik, tujuan pengembangan sumber daya manusia adalah sebagai berikut:
  1. Untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja
  2. Untuk memperbaiki efektivitas dan efisiensi kerja dalam mencapai sasaran program-program kerja.
  3. Meningkatkan sikap, moral, dan semangat kerja. 
  4. Untuk meningkatkan prestasi kerja
Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu membutuhkan proses dan tahapan Panjang, dimulai dari perencanaan, pengelolaan, hingga pemeliharaan SDM.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan SDM


Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan SDM meliputi faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor internal

Faktor internal meliputi beberapa hal, yakni misi dan tujuan sekolah, strategi pencapaian tujuan, sifat dan jenis kegiatan, serta jenis teknologi yang digunakan.

2. Faktor eksternal

Diantara faktor eksternal tersebut adalah kebijakan pemerintah, sosial budaya masyarakat, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Demikian pembahasan mengenai pengembangan sumber daya manusia, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:
 




Post a Comment for "Pengertian, Tujuan, Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan SDM"