Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Keuntungan Menjadi Dosen

Rikaariyani.com- 10 Keuntungan Menjadi Dosen- Sama seperti guru, menjadi dosen adalah pekerjaan yang sangat mulia. Dosen tidak hanya bertugas untuk mentransfer pengetahuan, namun juga memberikan inspirasi dan menanamkan nilai-nilai luhur pada mahasiswa.

Menjadi dosen adalah pilihan yang tepat, karena selain mulia, profesi dosen juga memiliki banyak keuntungan. Apa saja keuntungan menjadi dosen? Simak artikel berikut ini: 





Pengertian Dosen

Dosen yaitu pendidik professional yang bekerja pada satuan Pendidikan tinggi. Dosen juga disebut sebagai pendidik professional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk bisa menjadi dosen, minimal memiliki ijazah strata dua (S2).


Indikator Kompetensi Dosen

Menurut UU no 14 tahun 2005, profesi dosen memiliki beberapa prinsip, yakni:

  1. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme 
  2. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia; 
  3. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang Pendidikan sesuai dengan bidang tugas; 
  4. Memiliki komptensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas; 
  5. Memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan keprofesionalan; 
  6. Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja; 
  7. Memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat; 
  8. Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan; dan 
  9. Memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas keprofesionalan dosen.

 

Kacamata minus, bisa ganti lensa.

Keuntungan Menjadi Dosen

Beberapa keuntungan menjadi dosen diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merupakan Profesi Yang Mulia

Sebagaimana yang telah saya ungkapkan, dosen adalah profesi yang mulia karena selain mentransfer ilmu dan pengetahuan, juga memberikan inspirasi kepada mahasiswa.

2. Memiliki Banyak Pengalaman

Seorang dosen tidak hanya sekedar mengajar saja, namun juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan banyaknya kegiatan yang dilakoni, tentu memberikan banyak pengalaman bagi dosen yang bersangkutan.

3. Dosen Memiliki Kesempatan Untuk Mendapatkan Tunjangan, Salah Satunya Tunjangan Serdos

Ada beberapa tunjangan yang dapat diperoleh oleh seorang dosen seiring bertambahnya usia dan masa kerja, diantaranya tunjangan sertifikasi dosen, tunjangan jabatan, dan tunjangan yang melekat pada PNS jika dosen PNS.

4. Memiliki jam kerja yang fleksibel

Dosen memiliki jam kerja yang fleksibel. Kegiatan mengajar dosen di kampus hanya 4 hingga 6 jam saja, sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh pihak kampus. Itupun tidak setiap hari. Berbeda dengan profesi lain, yang memiliki jam kerja lebih Panjang, biasanya dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Selain itu, dosen juga dapat mengatur jadwal mengajar sesuai dengan keinginannya. Dengan jam kerja yang fleksibel tersebut, seorang dosen dapat dengan bebas melakukan lebih banyak hal setelah jam mengajar selesai.


5. Memiliki Jenjang Karir Yang Jelas

Seorang dosen memiliki jenjang karir yang dimulai dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan guru besar atau professor. Semakin tinggi pangkat seorang dosen, maka akan semakin besar tunjangan yang akan didapatkannya.

6. Memiliki Koneksi Yang Luas

Keuntungan menjadi dosen lainnya adalah memiliki koneksi yang luas, baik dari kalangan sesama dosen, staf, dan juga mahasiswa. Dengan memiliki banyak kenalan dan koneksi akan memberikan banyak manfaat bagi dosen yang bersangkutan.

7. Menambah Pahala

Salah satu tugas pokok seorang dosen adalah mengajar atau mentransfer ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa. Sebagaimana yang diketahui, orang yang berilmu dan mengajarkan ilmunya memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah menambah pahala. Pahala ilmu tidak akan terhenti meski pemiliknya telah meninggal dunia.

8. Memiliki Masa Kerja Yang Panjang

Profesi dosen berkesempatan untuk tetap produktif hingga usia 60 tahun. Bisa dikatakan profesi dosen memiliki masa kerja paling panjang di Indonesia.

9. Memiliki Kontribusi Dalam Perkembangan IPTEK

Salah satu kontribusi dosen dalam perkembangan IPTEK melalui temuan dan penelitian yang dilakukannya. Selain berjasa untuk mengembangkan IPTEK, juga dapat menambah penghasilan.

10. Memiliki Peluang Yang Besar Untuk Mendapatkan Beasiswa

Dosen memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan beasiswa, sehingga berkesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Hal  ini disebabkan karena dosen dianggap mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama proses perkuliahan. 

Banyak jenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, baik beasiswa penuh maupun tidak, dengan pilihan kampus di dalam negeri ataupun luar negeri.

Gimana? minat untuk menjadi dosen??

Baca juga artikel lainnya:

  1. Tips lulus sertifikasi dosen 

  2. Syarat pindah homebase dosen PTS 

  3. 4 Kompetensi dosen



Post a Comment for "10 Keuntungan Menjadi Dosen "