Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Sumber Daya Manusia (Pengertian, Tujuan, dan Fungsi)

Rikaariyani.com- Manajemen Sumber Daya Manusia (Pengertian, Tujuan, dan Fungsi)- salah satu komponen penting dalam sebuah organisasi adalah sumber daya manusia. Untuk itu, setiap organisasi perlu menerapkan manajemen sumber daya manusia (SDM) agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dengan adanya manajemen sumber daya manusia, pengelolaan terhadap pegawai dapat dilakukan dengan mudah.

Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia, dimulai dari pengertian, tujuan manajemen sumber daya manusia, serta fungsi manajemen sumber daya manusia. 

Manajemen Sumber Daya Manusia (Pengertian, Tujuan, dan Fungsi)

Manajemen Sumber Daya Manusia
Foto oleh: Pixabay

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap sumber daya manusia atau orang-orang yang bekerja pada organisasi tertentu secara individu maupun kelompok dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Menurut Mondy dan Noe, manajemen sumber daya manusia yakni mendayagunakan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Rivai (2005), manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan mengatur, mengurus, dan menggunakan sumber daya manusia secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa manajemen sumber daya manusia meliputi kemampuan yang dimiliki oleh pimpinan dan bawahan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa karyawan/pegawai tidak boleh diperlakukan seperti mesin, karena mereka adalah manusia yang memiliki kompetensi. Pimpinan harus mampu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif.

Baca juga: Pengertian Manajemen Pendidikan

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia memiliki tujuan untuk memastikan bahwa sebuah organisasi memiliki pegawai yang berkinerja baik.s

Secara khusus, tujuan manajemen sumber daya manusia adalah:

  1. Memperbaiki sikap dan mental karyawan atau pegawai. 
  2. Memperbaiki sistem kerja pegawai 
  3. Mengembangkan iklim kerja yang kondusif 
  4. Menciptakan iklim kerja yang harmonis dan produktif 
  5. Menghargai kinerja dan prestasi yang telah didapatkan oleh karyawan/pegawai.


Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya manusia adalah proses menelaah kebutuhan sumber daya manusia secara sistematis. Perencanaan sumber daya manusia berfungsi untuk mengetahui kemampuan dan keahlian sumber daya manusia yang ada serta tugas dan tanggung jawab yang akan diberikan.  Perencanaan sumber daya manusia harus dilakukan dengan efektif agar tercapai tujuan yang diharapkan.

2. Rekrutmen Sumber Daya Manusia

Rekrutmen merupakan salah satu kunci utama dalam menciptakan pegawai yang professional. Rekrutmen adalah proses mencari calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Menurut Faustino (1995: 105), rekrutmen adalah aktivitas menarik pelamar untuk diterima pada sebuah organisasi. Sedangkan menurut Henry Simamora (1997: 212), rekrutmen adalah serangkaian aktivitas dalam mencari pelamar untuk menempati posisi yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi.

Rekrutmen memiliki tujuan untuk menemukan calon pegawai yang memenuhi syarat yang diinginkan.

3. Seleksi Sumber Daya Manusia

Seleksi yaitu proses menentukan tenaga kerja yang tepat dan sesuai dengan yang diinginkan.

Menurut Malayu Hasibuan, seleksi adalah memilih dan menentukan pelamar yang akan diterima untuk menjadi karyawan atau pegawai di perusahaan yang bersangkutan.

Seleksi dilakukan dengan tujuan untuk menjamin organisasi atau perusahaan memiliki karyawan yang tepat dan sempurna untuk menduduki sebuah jabatan yang telah ditentukan.

Beberapa unsur yang diseleksi meliputi:

  • Surat lamaran 
  • Ijazah terakhir dan transkrip nilai 
  • Pengalaman kerja 
  • Penampilan 
  • Hasil wawancara

Instrument yang digunakan dalam proses seleksi adalah sebagai berikut:

  1. Surat rekomendasi 
  2. Data pelamar 
  3. Tes kemampuan 
  4. Tes potensi akademik 
  5. Tes kepribadian 
  6. Tes psikologi 
  7. Wawancara

Demikian penjelasan mengenai manajemen sumber daya manusia yang meliputi pengertian, tujuan, dan fungsi manajemen sumber daya manusia, semoga bermanfaat....

Baca juga: Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar

Post a Comment for "Manajemen Sumber Daya Manusia (Pengertian, Tujuan, dan Fungsi)"