Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Siswa?

Rikaariyani.com- Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Siswa? Kecanduan game online jelas memberikan banyak dampak negatif pada siswa, baik dari segi fisik maupun dari segi psikologis. Selain itu, Siswa yang sudah kecanduan game online akan sangat mempengaruhi hasil belajarnya. Kecanduan game online juga berdampak pada menurunnya minat siswa untuk membaca.

Melihat kondisi ini, guru sebagai orang tua kedua bagi siswa harus mampu mengatasi kecanduan game online pada siswa. Bagaimana cara mengatasi kecanduan game online pada siswa? Simak artikel berikut ini:

 



Apa Itu Game Online?

Game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan internet. Game online juga disebut sebagai permainan daring.

Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, game online adalah teknologi yang dapat menghubungkan pemain pada pola tertentu dalam sebuah permainan.

Sejarah game online dimulai pada tahun 1969. Tujuan awalnya adalah untuk memudahkan siswa belajar secara online. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul grafik baru yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain.

Pada tahun 1995 hingga saat ini, games online ini mengalami banyak perkembangan sehingga tumbuh persaingan yang membuat games online ini semakin berkembang.

Game online terdiri dari berbagai jenis, dimulai dari permainan berbasis teks hingga permainan yang dapat membentuk dunia virtual dengan banyak pemain sekaligus. Masing-masing pemain dapat saling berinteraksi hingga menciptakan sebuah komunitas di dunia maya.

Apa Dampak Negatif Game Online?

Beberapa dampak negatif game online, adalah sebagai berikut:

1. Dapat menimbulkan kecanduan

Sebagian besar game online memang didesain untuk menimbulkan kecanduan bagi para pemain. Semakin pemainnya candu, maka pembuat game akan semakin diuntungkan.

2. Mendorong pemain untuk melakukan hal-hal yang negatif

Salah satu hal negatif yang biasa dilakukan adalah banyak siswa yang bolos sekolah hanya karena ingin bermain game. Selain itu, pelaku game online juga terkadang melakukan pencurian terhadap ID pemain lain.

3. Terbiasa berbicara kasar

Pemain game online terbiasa berkata-kata kasar dan kotor pada saat bermain.

4. Membuat siswa lupa waktu

Game online membuat siswa lupa waktu sehingga kegiatan yang seharusnya dilakukan menjadi terbengkalai.

5. Dapat mengganggu Kesehatan

Duduk berjam-jam di depan laptop tentu akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, terutama mata, karena terus-terusan melihat layar laptop.

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Siswa?

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi kencanduan game online pada siswa adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Nasihat Kepada Siswa

Guru dapat memberikan nasihat mengenai bahaya dan dampak negative game online kepada siswa. Nasihat dapat disampaikan secara langsung maupun saat menyampaikan materi kepada siswa di kelas.

2. Melakukan Kerjasama Dengan Orang Tua Siswa

Guru dapat bekerjasama dengan orang tua siswa dalam melakukan pengawasan terhadap anak di rumah.

3. Memberikan Tugas Kepada Siswa

Guru juga bisa memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar mereka dapat mengalihkan perhatian siswa dari game online.

4. Mendorong Siswa Untuk Berkarya

Guru harus mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk berkarya, seperti menulis, menggambar, dan lain sebagainya, kemudian karya mereka dapat dipajang di majalah dinding.

Itulah beberapa Langkah yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi kecanduan game online pada siswa. Semoga artikel ini bermanfaat buat bapak dan ibu guru. 

Baca juga artikel lainnya:

Penggunaan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Kegiatan pembinaan peserta didik 

Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Jigsaw



Kacamata photocromic

Post a Comment for "Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Siswa?"