Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Menu Insert Pada Microsoft Word

Fungsi Menu Insert Pada Microsoft WordMenu insert pada Microsoft word adalah untuk menyisipkan gambar, table, link, header & footer, dan juga symbol.

Menu insert terdiri dari pages, table, illustrations, add-ins, media, links, comment, header&footer, text, dan symbols.

Selengkapnya akan penulis bahas pada artikel ini:

 

 

 
1. Pages

Pages berfungsi untuk mengatur halaman sebuah dokumen. Menu pages terdiri dari cover page, blank page, dan page break. Cover page yakni untuk menyisipkan cover dokumen. Blank page untuk menambah halaman kosong ke dalam dokumen yang sedang dikerjakan. Sedangkan page break adalah untuk memindahkan tulisan ke halaman baru.

2. Table

Table berfungsi untuk membuat atau menyisipkan table.

3. Illustrations

Illustrations berfungsi untuk menyisipkan ilustrasi berupa gambar, shape, ikon, model 3D, grafik, dan tangkapan layar. Picture digunakan untuk menyisipkan gambar yang sudah tersimpan di komputer/laptop. Shapes digunakan untuk menyisipkan gambar sederhana seperti gambar lingkaran, segitiga, dan lain sebagainya. Icons digunakan untuk menyisipkan ikon gambar yang sudah tersedia di Microsoft word, seperti ikon hewan, teknologi, dan juga orang. 3D models digunakan untuk menyisipkan model 3D yang di dalam komputer. SmartArt digunakan untuk menyisipkan grafik seperti hirarki suatu organisasi, pyramid dan lain sebagainya. Chart digunakan untuk menyisipkan grafik yang sudah tersedia di MS. Word seperti kolom dan line. Sedangkan screenshot digunakan untuk menyisipkan tangkapan layar ke dalam dokumen yang sedang dibuka.

4. Add-ins

Add-ins berfungsi untuk menyisipkan tambahan informasi dari luar program seperti Wikipedia. Get add-ins untuk menambahkan fitur lain seperti emoticon, Wikipedia, dan lainnya. My add-ins untuk menampilkan eksistensi, fitur, maupun aplikasi yang telah kita pasang pada MS Word. Sedangkan Wikipedia yakni untuk menambahkan informasi yang bersumber dari Wikipedia.

5. Media

Media berfungsi untuk memasukkan video online pada Microsoft word seperti youtube dan lainnya dengan cara memasukkan url.

6. Links

Links berfungsi untuk menyisipkan alamat, url/permalink website ke dalam tulisan kita. Links terdiri dari link, bookmark, dan cross-reference. Link untuk menyisipkan link/url suatu artikel website ke dalam tulisan yang diseleksi atau diblok. Bookmark digunakan untuk menandai dan menyimpan tulisan penting agar mudah dicari. Cross-reference untuk menambahkan sumber informasi dengan menempelkannya pada bookmark, heading, maupun footnote.

7. Comments

Comment berfungsi untuk memberikan komentar atau penjelasan suatu teks.

8. Header & Footer

Header & footer berfungsi untuk memberikan keterangan bagian atas dan bawah pada dokumen. Header untuk menyisipkan catatan pada margin bagian atas dokumen. Sedangkan footer berfungsi untuk menyisipkan catatan pada margin bawah suatu dokumen.

9. Text

Text berfungsi untuk menyisipkan kotak teks, tanggal, dan tanda tangan. Text terdiri dari Text Box, Explore Quick Parts, Insert WordArt, Add a Drop Cap, Add a Signature Line, Insert Date and Time dan Object.

10. Symbols

Symbols berfungsi untuk menyisipkan simbol atau rumus ke dalam dokumen. Symbols terdiri dari Equation dan Symbol. Equation berfungsi untuk menyisipkan atau memasukkan rumus ke dalam dokumen, seperti rumus matematika dan juga kimia. Symbol yakni untuk memasukkan simbol ke dalam dokumen.

Demikian penjelasan mengenai fungsi tab menu insert. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara mengatur spasi di word dengan mudah
 

Post a Comment for "Fungsi Menu Insert Pada Microsoft Word"