Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indikator Kepemimpinan Kepala Sekolah

Indikator Kepemimpinan Kepala Sekolah- Sebagai manajer di lembaga pendidikan, kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang cukup berat dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah. Kepala sekolah memiliki tujuh peran utama, yakni sebagai pendidik, sebagai manajer, sebagai administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja, dan juga sebagai wirausahawan.

Seorang kepala sekolah memiliki beberapa indikator kepemimpinan, yaitu mempengaruhi dan menggerakkan bawahan, mengadakan komunikasi dan memberikan motivasi. Mengenai beberapa indikator kepemimpinan kepala sekolah tersebut, akan penulis bahas secara detail di dalam artikel berikut ini:

 

Indikator Kepemimpinan Kepala Sekolah

 

Indikator Kepemimpinan Kepala Sekolah

1. Menggerakkan

Menggerakkan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan untuk mengatur, mengarahkan, serta membimbing agar tercapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

Dalam menggerakkan bawahan, kepala sekolah harus mampu melakukan koordinasi, menerima saran dan kritikan, menselaraskan kepentingan pribadi dan kepentingan organisasi sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan penggerakan memiliki beberapa tahap, diantaranya adalah: 1) memberikan dorongan kepada bawahan sehingga mereka memiliki kesadaran dan kemauan untuk bekerja dengan baik, 2) memberikan bimbingan melalui contoh teladan, 3) memberikan petunjuk yang jelas dan tegas.

2. Mengarahkan

Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin harus mampu memberikan arahan kepada bawahannya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diembannya.

Kegiatan pengarahan memiliki tiga fungsi utama, yaitu: 1) menjelaskan kebijakan yang telah ditetapkan, 2) memberikan penjelasan mengenai pekerjaan yang dilakukan, 3) memberikan motivasi agar mereka dapat bekerja secara efektif fan efisien.

3. Komunikasi

Komunikasi memiliki tujuan untuk memberi dan menerima informasi. kepala sekolah dapat melaksanakan kepemimpinannya dengan baik dan efektif apabila mampu melakukan komunikasi yang efektif, karena jika komunikasi efektif maka tugas-tugas yang dilimpahkan kepada bawahan akan dilaksanakan dengan baik.

GR. Terry mengemukakan beberapa bentuk komunikasi dalam manajemen, diantaranya adalah: 1) komunikasi formal, 2) komunikasi non formal, 3) komunikasi informal, 4) komunikasi teknis, 5) komunikasi prosedural.

4. Motivasi

Motivasi adalah suatu reaksi yang diawali dengan adanya kebutuhan yang menimbulkan keinginan atau upaya untuk mencapai tujuan. Menurut Purwanto, motivasi adalah segala sesuatu yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

Menurut Robert Heller (1998:6), motivasi adalah keinginan untuk bertindak. Sedangkan menurut Stephen p. Robbins (2003:156), motivasi adalah proses yang menyebabkan intensitas, arah, dan usaha terus menerus untuk mencapai tujuan yang diinginkan.  

Demikian penjelasan mengenai indikator kepemimpinan kepala sekolah, semoga bermanfaat.

Baca juga: Kegiatan Perencanaan Peserta Didik


Post a Comment for "Indikator Kepemimpinan Kepala Sekolah"