Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Menarik Tentang Menara Kembar Malaysia

Rikaariyani.com- Fakta Menarik Tentang Menara Kembar Malaysia- Salah satu tempat yang kami kunjungi di Malaysia adalah Petronas Twin Towers atau dikenal juga dengan Menara Kembar. Petronas twin towers menjadi ikon terkenal di Malaysia dan merupakan bangunan yang paling tinggi di Asia Tenggara. Selain sebagai tempat wisata, ternyata menara kembar ini adalah gedung perkantoran.

Banyak hal menarik lainnya yang perlu diketahui tentang menara kembar Malaysia. Ini menjadi informasi berharga bagi Anda yang berniat ingin berkunjung ke sana.

Fakta Menarik Tentang Menara Kembar Malaysia

Fakta Menarik Tentang Menara Kembar Malaysia


Sejarah Petronas Twin Towers

Menara kembar ini dirancang oleh seorang arsitek terkenal dari Argentina yang bernama Cesar Pelli. Menara kembar dibangun pada tahun 1992 dan diresmikan pada tanggal 31 Agustus 1999. Menara kembar ini dinobatkan sebagai bangunan tertinggi pada tahun 1998 hingga tahun 2004. Tingginya mencapai 452 meter 1483 kaki dengan jumlah lantai 88. Menara ini terinspirasi dari bentuk geometris arsitektur Islam yang mengakar kuat di Malaysia.

Pada lantai 41 dan 42, dibangun sebuah jembatan yang menghubungkan kedua menara tersebut. Jembatan ini biasanya menjadi tujuan kunjungan turis yang datang, namun jumlah tiketnya terbatas, hanya 1200 tiket. Selain itu, jembatan ini juga digunakan unntuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu yang darurat.

Di bawah menara terdapat pusat perbelanjaan, taman untuk jogging, kolam bermain, tempat bermain buat anak-anak, dan juga terdapat orkerstra.

Baca juga: Merlion Park Singapura

Beberapa Fakta Menarik Tentang Menara Kembar Malaysia

Berikut beberapa fakta menarik tentang menara kembar alias Twin Towers yang perlu Anda ketahui:

1. Menara tertinggi di dunia

Sebelum berdirinya Taipei 101 di Taiwan, menara kembar petronas adalah gedung tertinggi di dunia. Meskipun begitu, menara kembar ini tetap menjadi jajaran gedung tertinggi di dunia.

2. Jembatan penghubung tertinggi kedua di dunia

Jembatan yang dibangun untuk menghubungkan kedua menara tersebut memiliki ketinggian 170 meter di atas permukaan tanah. Jembatan tersebut menggantung di udara dengan panjang mencapai 60 meter. Jembatan ini merupakan jembatan paling tinggi kedua di dunia.

3. Pernah dipanjat oleh bule asal prancis

Menara kembar ini ternyata pernah dipanjat dengan tangan kosong oleh bule asal prancis pada tahun 1997. Bule tersebut akhinya dijuluki spiderman. Ia berhasil memanjat hingga lantai ke 60.

4. Memiliki 32.000 jendela

32.000 jendela? Iya, benar. Menara kembar memiliki jendela yang sangat fantastis. Selain itu, juga dilengkapi dengan 40 lift dan 20 eskalator.

5. Menara kembar petronas pernah masuk di dalam film internasional

Beberapa fill internasional yang pernah memakai latar belakang bangunan menara kembar petronas adalah film yang diproduksikan oleh Bollywood Don, film produksi Hollywood, dan film produksi China viral factor.

Itulah beberap fakta menarik tentang menara kembar petronas, semoga menjadi informasi yang berguna untuk Anda yang berencana akan mengunjungi negara Jiran ini.

Baca juga: Museum Royal Regalia Brunei Darussalam

Post a Comment for "Fakta Menarik Tentang Menara Kembar Malaysia"