Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Melaksanakan Shalat Tahajud Secara Rutin

Rikaariyani.com- Keutamaan Melaksanakan Shalat Tahajud Secara Rutin- Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat mulia. Shalat tahajud yakni shalat yang dilaksanakan setelah bangun tidur. 

Shalat tahajud ini dikerjakan minimal dua rakaat dan dikerjakan sebanyak-banyaknya tanpa terbatas. Waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud adalah di sepertiga malam yakni antara pukul 01.30 hingga masuknya waktu subuh.

Mengenai keutamaan melaksanakan shalat tahajud, silahkan simak artikel berikut ini: 

Keutamaan Melaksanakan Shalat Tahajud Secara Rutin

Keutamaan Melaksanakan Shalat Tahajud Secara Rutin
pixabay


Apa Niat Melaksanakan Shalat Tahajud?

Niat shalat tahajud adalah sebagai berikut:

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Aku niat shalat sunnah tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala.

Baca juga: Doa shalat istikharah

Bagaimana Cara Melaksanakan Shalat Tahajud?

Adapun tata cara melaksanakan shalat tahajud adalah sebagai berikut:

  1. Membaca niat 

  2. Takbiratul ihram 

  3. Membaca doa iftitah 

  4. Membaca surah alfatihah 

  5. Membaca surah pendek

Intinya, cara mengerjakan shalat tahajud sama dengan shalat sunnah lainnya. Perbedaannya hanya pada niat.


Apa Doa Setelah Shalat Tahajud?

Adapun doa setelah melaksanakan shalat tahajud adalah sebagai berikut:

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was saatu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.


Artinya yaitu:

"Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Apa Keutamaan Melaksanakan Shalat Tahajud?

Shalat tahajud memiliki banyak keutamaan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Apa saja keutamaannya? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Mendapatkan kemuliaan disisi Allah SWT. 

  2. Menjadi jembatan menuju surga 

  3. Doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT 

  4. Dosa dan kesalahannya akan dihapus oleh Allah SWT 

  5. Mendapatkan ketentraman dan ketenangan jiwa. 

  6. Menjadi terapi bagi segala penyakit 

  7. Menghilangkan sifat malas 

  8. Allah akan mengangkat derajatnya 

  9. Wajahnya akan tampak lebih bersinar 

  10. Dijauhkan dari segala bencana

Itulah beberapa penjelasan mengenai shalat tahajud dan keutamaan melaksanakan shalat tahajud. Semoga bermanfaat dan semoga kita termasuk orang-orang yang selalu memelihara shalat tahajud. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Baca juga: Keutamaan melaksanakan puasa nabi Daud



Post a Comment for "Keutamaan Melaksanakan Shalat Tahajud Secara Rutin"