Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Shalat Istikharah

Rikaariyani.com- Doa Shalat Istikharah- Bagi kalian yang saat ini sedang bingung menentukan pilihan, apakah itu pilihan mau kuliah di mana, pilihan harus kerja di mana, atau mungkin ada yang galau menentukan siapa yang terbaik diantara beberapa pilihan, maka jawabannya adalah lakukanlah shalat istikharah. Insyaallah Allah akan memberi jawaban dan pilihan yang tepat untukmu. 

Di dalam artikel ini akan dibahas apa itu shalat istikharah dan apa doa shalat istikharah.

Doa Shalat Istikharah

Shalat Istikharah

 

Apa Itu Shalat Istikharah?

Shalat istikharah adalah salah satu shalat sunnah yang perlu diketahui, terlebih saat seseorang menghadapi suatu pilihan agar diberi petunjuk dan kemantapan hati oleh Allah SWT. 

Shalat istikharah ini dilakukan saat sedang kebingungan dalam mengambil suatu keputusan. 

Shalat sunnah istikharah sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana sabdanya: “jika salah satu dari kalian bimbang dalam suatu keputusan yang akan diambil maka shalat sunnah lah dua rakaat dan berdoa (HR. Muslim).

Baca Juga: Tips agar lolos seleksi beasiswa

Niat Shalat Istikharah

Shalat istikharah dapat dilakukan pada malam hari atau siang hari. Namun waktu terbaik mengerjakan shalat istikharah adalah pada malam hari, sebelum masuk waktu subuh. 

Adapun niat shalat istikharah adalah sebagai berikut:

 
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya:

Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala
 

Cara Melaksanakan Shalat Istikharah

Pada rakaat pertama, setelah selesai membaca surat Al-Fatihah, membaca surah Al kafirun. Pada rakaat kedua, membaca surah Al Fatihah dan membaca surah Al-Ikhlas. 

Shalat istikharah dilakukan sampai mendapatkan petunjuk dari Allah. Dalam beberapa kitab fiqih, dijelaskan bahwa jawaban shalat istikharah diberikan melalui kemantapan hati, hati menjadi lebih condong kepada pilihan mana yang terbaik untuk kita. 

Imam nawawi mengatakan: “Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya.” 

Indikatornya adalah: jika pilihan itu yang terbaik, Allah akan memudahkannya dan akan memberkahinya.

 
Doa Shalat Istikharah

Adapun doa shalat istikharah adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(...)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ 
 

Artinya: 

“Ya Allah, hamba memohon petunjuk yang baik dengan pengetahuan-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuatanmu, aku memohon kemurahan-Mu yang agung, karena Engkau Maha Kuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Maha Mengetahui sedang aku tidak mengetahui, Engkau Maha Mengetahui sesuatu yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa persoalan ini (sebutkan disini persoalan yang dimaksud) baik bagiku, buat agamaku, penghidupanku, dan masa depanku, maka berikanlah ia kepadaku dan mudahkan bagiku, kemudian berkahilah bagiku. Dan jika Engkau mengetahui bahwa pekerjaan itu buruk bagiku, buat agamaku, penghidupanku, dan hari depanku, maka jauhkanlah dariku dan jauhkanlah aku darinya, dan karuniailah aku kebaikan di mana pun aku berada, kemudian jadikanlah aku orang yang ridha dengan pemberian itu.”


Apa Manfaat Shalat Istikharah?    

  • Shalat istikharah yang kita lakukan akan menjauhkan kita dari bisikan syetan, karena syetan paling suka mengganggu di saat hati sedang gundah gulana.    

  • Dengan melaksanakan shalat istikharah insyaallah kita akan terhindar dari keburukan. 

  • Shalat istikharah dapat memberikan kemantapan hati. 

  • Shalat istikharah membuat kita lebih pasrah dan tidak menyesal dengan apapun hasil yang akan kita dapatkan.


Wallahu a’lam bish shawab. 

Demikian pembahasan mengenai doa shalat istikharah, semoga bermanfaat…

 
 
Terimakasih,

 
·          

Post a Comment for "Doa Shalat Istikharah"