Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif

Rikaariyani.com- Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif- secara umum metode penelitian ilmiah dapat dibedakan menjadi dua, yakni metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Apa perbedaan antara kedua metode ini? Simak artikel berikut ini:

Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif


Apa Pengertian Metode Penelitian Kualitatif?

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki situasi dan kondisi objek penelitian. Menurut David Williams (1995), metode penelitian kualitatif adalah usaha yang dilakukan oleh peneliti dalam mengumpulkan data sesuai dengan latar alamiah sehingga hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Sugiono (2005), penelitian kualitatif cocok digunakan untuk jenis penelitian yang berusaha memahami bagaimana fenomena sosial yang terjadi di lapangan.

Menurut Bogdan dan Taylor (1975), metode penelitian kualitatif adalah metode yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan data deskriptif yaitu data yang ditulis menggunakan kata-kata.

Dapat disimpulkan bahwa metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti masalah manusia dan sosial yang terjadi di lapangan melalui proses pengumpulan data yang berlatar alamiah.

Baca juga: Tahapan penelitian kualitatif

Apa Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif?

Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang dilakukan oleh seorang peneliti untuk mengetahui keterkaitan atau hubungan antar variable.

Penelitian kuantitatif menyuguhkan data dalam bentuk angka-angka.

Menurut Creswell, penelitian kuantitatif yaitu upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk menyelidiki suatu masalah yang kemudian diukur dengan menggunakan angka.

Sedangkan menurut Punch, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berdasarkan pengalaman, pengumpulan data berbentuk angka yang dapat dihitung.

Penelitian kuantitatif banyak digunakan dalam ilmu-ilmu alam dan sosial. Fungsinya adalah untuk menguji sebuah hipotesis dengan cara mengumpulkan data dan menganalisis data. metode penelitian kuantitatif merujuk pada survey, eksperimen, dan pengamatan.

Dapat disimpulkan bahwa penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka-angka, baik dalam proses pengumpulan data maupun dalam menafsirkan data.

Apa Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Penelitian Kuantitatif?

Penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari pengumpulan data, analisis data, maupun dari segi penyajian data.

1. Perbedaan dari segi desain penelitian

Metode penelitian kualitatif lebih fleksibel dan dapat berkembang selama proses penelitian berlangsung. Sedangkan metode penelitian kuantitatif bersifat statissehingga tidak dapat diubah lagi.

2. Perbedaan dari segi pengumpulan data

Penelitian kualitatif melakukan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan instrument berupa tes atau kuesioner.

3. Perbedaan dari segi analisis data

Penelitian kualitatif dapat dianalisis selama proses penelitian berlangsung, sedangkan kuantitatif dianalisis setelah proses pengumpulan data selesai dilakukan.

4. Dari segi subjek penelitian

Subjek penelitian kualitatif disebut dengan narasumber, sedangkan pada penelitian kuantitatif disebut sebagai responden

5. Perbedaan dari segi jenis data

Penelitian kualitatif memiliki jenis data deskriptif, sedangkan kuantitatif menggunakan jenis data numerik dan statistik.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Semoga bermanfaat....

Baca juga: 

 
 

Post a Comment for "Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif"