Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF YANG PERLU KAMU KETAHUI

TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF YANG PERLU KAMU KETAHUI

Salah satu yang perlu dipahami oleh mahasiswa tingkat akhir adalah mengenai metode penelitian, karena tak bisa dielakkan, semua mahasiswa pasti akan melakukan penelitian untuk skripsinya sebagai syarat kelulusan yang harus dipenuhi.

Secara umum ada 2 jenis penelitian yang bisa digunakan, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif tidak hanya tentang data, dan penelitian kuantitatif tidak hanya tentang angka. Banyak hal yang perlu dipahami agar menghasilkan penelitian yang berkualitas. Di dalam tulisan ini akan penulis bahas mengenai penelitian kualitatif. Buat kamu yang masih bingung mengenai penelitian ini, simak terus hingga akhir ya….

penelitian kualitatif
TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF YANG PERLU KAMU KETAHUI


PENGERTIAN PENELITIAN KUALITATIF

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki dan memahami fenomena yang terjadi di lapangan dengan memanfaatkan teori-teori yang ada sebagai bahan penjelas. Dalam penelitian ini, peneliti adalah sebagai instrument kunci. Yang membedakannya dengan penelitian kuantitatif adalah penelitian ini berangkat dari data dan berakhir dengan sebuah teori.

Menurut Sugiyono (2011), penelitian kualitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi objek secara alamiah, pengambilan data dilakukan secara purposive atau snowball, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih menekankan pada makna.

TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF

1. Membuat Rancangan Penelitian

Langkah pertama, kamu harus menentukan permasalahan apa yang akan kamu angkat. Permasalahan merupakan suatu pondasi dalam melakukan suatu penelitian. Masalah adalah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diselesaikan dan dicari jawabannya. Tanpa adanya masalah, maka penelitian tidak akan terjadi.

Setelah menentukan permasalahan, kamu perlu menyusun beberapa pertanyaan untuk mendalami permasalahan tersebut.

2. Memilih Lokasi Penelitian

Pemilihan lokasi penelitian harus benar-benar teliti dan hati-hati, karena di lokasi itulah data akan diperoleh. Banyak mahasiswa yang terkendala dalam penulisan skripsi karena salah memilih lokasi penelitian. Saran saya, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan ekonomis.

3. Menentukan Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah sumber data utama dalam penelitian kualitatif. Kriteria pemilihan subjek penelitian diantaranya adalah:  1)    Mereka yang menguasai dan memahami tema yang kita teliti, 2) mereka yang berkecimpung pada kegiatan yang kita teliti, 3) mereka yang memiliki waktu yang memadai untuk kita minta informasi.

4. Mengumpulkan Data

Setiap penelitian memiliki proses pengumpulan data yang berbeda, tergantung jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti. Mengumpulkan data merupakan salah satu kegiatan penting dalam sebuah penelitian. Apabila salah dalam proses pengumpulan data tentu akan berpengaruh terhadap analisis data yang akan kita lakukan.

Pengumpulan data tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan asal-asalan. Ada langkah dan teknik yang harus diikuti. Tujuannya adalah untuk mendapatkan data yang valid sehingga hasil penelitian tidak diragukan kebenarannya. Beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi.

5. Analisis Data

Analisis data merupakan proses penyusunan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, kemudian memilih mana yang penting, serta membuat kesimpulan sehingga dapat mempermudah orang lain dalam memahaminya. Dalam penelitian kualitatif, analisis data dilakukan selama proses pengumpulan data berlangsung.

6. Penyajian Data

Langkah terakhir adalah penyajian data. Penyajian data dalam penelitian kualitatif berbentuk narasi dan tidak menggunakan angka-angka. Pada tahap ini kamu dapat menyajikan temuan-temuan yang kamu peroleh di lapangan.


Demikian, semoga bermanfaat…


Post a Comment for "TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF YANG PERLU KAMU KETAHUI"