Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat SMK Negeri 4 Kota Jambi

Rikaariyani.com- Mengenal Lebih Dekat SMK Negeri 4 Kota Jambi- Salah satu lokasi penelitian Disertasi saya adalah SMK Negeri 4 Kota Jambi. Alasan pemilihan SMK Negeri 4 kota Jambi ini karena SMKN ini memiliki jurusan multimedia dan memiliki laboratorium komputer, selain itu SMKN ini berada di lokasi yang tidak sulit untuk dijangkau.

Bagi kalian yang belum kenal dengan SMKN ini, baik untuk kepentingan penelitian maupun untuk yang lainnya, simak artikel ini hingga akhir.

SMKN 4 Kota Jambi
 

Sejarah SMK Negeri 4 Kota Jambi

SMK Negeri 4 Kota Jambi beralamatkan di JL. Jenderal Urip Sumoharjo No. 31, RT. 14 RW. 0. SMK Negeri 4 Kota Jambi pertama kali berdiri pada tahun 1960 dengan nama SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Puteri) di bawah naungan Yayasan Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang dipimpin oleh Ibu Suharmi Insriyanti dengan jurusan yang dibuka pada saat itu ialah; 1) Jurusan Rumah Tangga, 2) Jurusan Makanan, dan 3) Jurusan Menjahit.

Pada tahun 1967 statusnya berubah menjadi Negeri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 146/B- 3/Kedj tanggal 29 Juni 1967 dan nama SGKP diganti dengan SKKA (Sekolah Kesejahteraan Keluarga Atas) dengan kepala sekolah pada saat itu ialah Ibu Siti Djuwairiyah dan menempati gedung baru yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Jambi pada tahun 1970.

Kemudian pada tahun 1976 nama SKKA diganti dengan SMKK (Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga). Saat itu SMKK dipimpin oleh Ibu Dra. Misna Harmawati dan jurusan yang ada sama seperti semula. Tahun 1978 hingga 1999, SMKK dipimpin oleh Ibu Sri Redjeki, BA dan seiring perjalanan waktu, pada tahun 1992 pengembangan jurusan yang ada semula menjadi jurusan Tata Boga, Jurusan Tata Busana, dan Jurusan Tata Kecantikan, serta selanjutnya pada tahun 1996 dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Akomodasi Perhotelan.

Pada tahun 1999 hingga 2002, SMKK dipimpin oleh Bapak Drs. Toto Subianto, dan nama SMKK kemudian berubah menjadi SMK Negeri 4 Kota Jambi pada tahun 1999 sesuai dengan peraturan pemerintah ketika itu. Selanjutnya pada tahun 2002 hingga 2011, SMK Negeri 4 Kota Jambi dipimpin oleh Ibu Dra. Hj. Suhita Sulastri dan mengalami banyak perubahan mendasar terhadap pengembangan pendidikan di SMKN Negeri 4 Kota Jambi khususnya dikukuhkannya SMK Negeri 4 Kota Jambi sebagai SMK Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI) pada tahun 2006 yang dituangkan dalam Surat Keputusan Direktur Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, Nomor: 0004/C5.2/Kep/MN/2006 tentang Penetapan Sekolah Bertaraf Internasional.

Pada tahun 2008, bidang keahlian pada SMK Negeri 4 Kota Jambi masuk dalam kategori SMK Kelompok Seni, Kerajinan dan Pariwisata. Pengembangan spektrum kurikulum menuntut SMK Negeri 4 Kota Jambi melakukan diversifikasi kurikulum sekolah dengan menyelenggarakan enam kompetensi keahlian, yaitu: 1) Busana Butik, 2) Jasa Boga, 3) Patiseri, 4) Kecantikan Rambut, 5) Kecantikan Kulit, dan 6) Akomodasi Perhotelan.

Kemudian pada tahun 2011 hingga 2014, SMK Negeri 4 Kota  Jambi dipimpin oleh Bapak Amirudin, S.Pd., M.Pd sesuai dengan amanah Walikota Jambi untuk melanjutkan berbagai program-program strategis dan pengembangan sekolah di masa mendatang. Selanjutnya sejak 2014 sampai dengan saat ini, SMK Negeri 4 Kota Jambi dipimpin oleh Bapak Sujono, S.Pd., M.Pd. berdasarkan Keputusan Walikota Jambi, No. 821.29/109/BKD tanggal 23 Juni 2014.

Baca Juga: tantangan supervisor dalam melaksanakan supervisi

Visi SMK Negeri 4 Kota Jambi

Visi merupakan gambaran tentang masa depan yang ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. SMK Negeri 4 Kota Jambi memiliki visi sebagai berikut:

“Unggul dalam prestasi berdasarkan IMTAQ, IPTEK, mandiri dan berwawasan lingkungan”.

Misi SMK Negeri 4 Kota Jambi

SMK Negeri 4 Kota Jambi menetapkan 11 (sebelas) misi, yaitu:

  1. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama 
  2. Menyelenggarakan pendidikan karakter 
  3. Mengembangkan pembelajaran dan bimbingan yang efektif 
  4. Melaksanakan kegiatan pengembangan diri sesuai dengan potensi yang dimiliki. 
  5. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
  6. Melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan.
  7. Menumbuhkembangkan kreatifitas dan jiwa wirausaha seluruh warga sekolah. 
  8. Menumbuhkan semangat keunggulan seluruh warga sekolah 
  9. Meningkatkan kesadaran lingkungan bagi seluruh warga sekolah.
  10. Melaksanakan   kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup di sekolah. 
  11. Menumbuhkan kesadaran terhadap efisiensi penggunaan sumber daya di sekolah.

Baca juga: Peran kepala sekolah

Tujuan SMK Negeri 4 Kota Jambi

Tujuan SMK Negeri 4 Kota Jambi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, inovatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 
  2. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang produktif, mampu bekerja secara mandiri, layak untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri baik di dalam negeri maupun di luar negeri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya. 
  3. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, mampu beradaptasi di lingkungan kerja, dan mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya. 
  4. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih agar mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.

Demikian artikel mengenai sejarah, visi dan misi SMK Negeri 4 Kota Jambi. Semoga bermanfaat...

FB: Ika


 

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat SMK Negeri 4 Kota Jambi"