Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat SMK Negeri I Batanghari

Rikaariyani.com- Mengenal Lebih Dekat SMK Negeri I Batanghari- Selain SMK Negeri 4 Kota Jambi, penulis juga pernah melakukan penelitian di SMK Negeri I Batanghari. Alhamdulillah, kepala sekolahnya welcome banget. Selalu bersedia setiap kali diwawancarai. 

Untuk kamu yang akan mengadakan penelitian, terkait dengan manajemen atau yang lainnya, tak ada salahnya memilih SMK ini menjadi lokasi penelitian.

Di dalam artikel mengenal lebih dekat SMK Negeri I Batanghari akan dibahas mengenai bagaimana sejarah lahirnya SMK ini, apa visi dan misinya, dan apa pula tujuannya. Simak artikel ini hingga akhir.

SMKN 1 Batanghari
SMKN 1 Batanghari

 

Bagaimana Sejarah Lahirnya SMK Negeri I Batanghari?

SMK Negeri 1 Batanghari pertama kali berdiri pada tahun 1981. Pada saat itu bernama SMEA Yayasan Kasih Ibu (YKI) Muara Bulian. Berdirinya SMEA tersebut dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kebutuhan masyarakat akan tersedianya tenaga-tenaga terampil dan SDM yang berkualitas yang siap bekerja setelah lulus. Pada tahun 1992 SMEA beralih nama menjadi SMEA Negeri Muara Bulian. Kemudian pada tahun 1997 berubah menjadi SMK Negeri Muara Bulian. Lalu pada tahun 2002 hingga saat ini menjadi SMK Negeri 1 Batanghari.

SMK Negeri 1 Batanghari terletak di JL. Jenderal Sudirman Km. 4 Rangas Condong, Muara Bulian. Dipimpin oleh bapak Zesra, S.Pd, M.Pd., dan berakreditasi A. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, kepala sekolah dibantu oleh beberapa wakil kepala sekolah yakni, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas.

Baca juga: Mengenal jenis dan ragam penelitian

 

Apa Visi SMK Negeri 1 Batanghari?

SMK Negeri I Batanghari memiliki visi yang luar biasa, yakni:

“Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan unggulan dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang bisnis dan manjemen  dan teknologi informasi dan komunikasi”.

Apa Misi SMK Negeri I Batanghari?

Misi SMK Negeri I Batanghari adalah sebagai berikut:

Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang bermutu untuk menghasilkan tenaga kerja terdidik dan terlatih di bidang bisnis dan manajemen dan teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki sikap profesional serta tanggap terhadap perubahan pasar global untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja dan mampu mandiri.

Apa Tujuan SMK Negeri I Batanghari?

SMK Negeri I Batanghari memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi insan kamil sebagai warga Negara yang bertanggung jawab, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. 

  2. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik untuk berkarir atau untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. 

  3. Menyiapkan peserta didik menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri dan atau mengisi lowongan pekerjaan di dunia usaha/industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah. 

  4. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi di lingkungan kerja dengan mengembangkan sikap profesional dan peduli lingkungan hidup. 

Sedangkan nilai-nilai yang perlu dipedomani dan dijadikan acuan dalam bertindak dan berprilaku adalah:
  1. Kebersamaan, menentukan tujuan bersama, memecahkan masalah bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmatinya bersama.

  2. Transparansi, adanya keterbukaan dalam pengambilan keputusan (kebijakan), dan hubungan antar sesama warga sekolah. 

  3. Tanggung jawab, semua warga sekolah saling mempercayai, berpikir positif dan tidak saling mencurigai. 

  4. Saling percaya, seluruh warga sekolah saling mempercayai, berpikir dan tidak saling mencurigai. 

  5. Saling menghargai, setiap warga sekolah harus saling menghormati tugas dan fungsi masing-masing. 

  6. Disiplin, setiap warga sekolah harus menegakkan disiplin sesuai dengan peraturan. 

  7. Kreatifitas dan inovasi, tidak pernah merasa puas atas prestasi yang dicapai, tetapi selalu mensyukurinya sebagai motivasi untuk selalu berkreasi. 

  8. Pelayanan prima, selalu memberikan pelayanan kepada semua stakeholder dengan sebaik-baiknya, dengan menerapkan prinsip A3 (attitude, attention, and action).


Demikian artikel mengenai "Mengenal Lebih Dekat SMK Negeri I Batanghari", semoga bermanfaat. 
 

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat SMK Negeri I Batanghari"