Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERAN KEPALA SEKOLAH YANG PERLU DIPAHAMI

Rikaariyani.com- PERAN KEPALA SEKOLAH YANG PERLU DIPAHAMI- Secara sederhana kepala sekolah didefenisikan sebagai tenaga professional yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu lembaga pendidikan. Kepala sekolah disebut juga sebagai manajer pendidikan yang sangat berpengaruh pada kemajuan dan kesuksesan lembaga yang dipimpinnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dikutip oleh Wahjosumidja (2016:34) kepala sekolah berasal dari kata kepala dan sekolah. Kepala yakni ketua, sedangkan sekolah adalah lembaga tempat menerima dan memberi pelajaran. Jadi, dapat diartikan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam suatu organisasi atau lembaga.

Sedangkan Rahman mengemukakan bahwa kepala sekolah adalah guru yang diangkat untuk duduk pada jabatan struktural (2016:35).

Kepala sekolah dituntut untuk mampu dan terampil dalam mengelola lembaga yang dipimpinnya. Selain itu kepala sekolah juga memiliki tujuh peran penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan yakni sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Selengkapnya akan penulis uraikan sebagai berikut: 

PERAN KEPALA SEKOLAH YANG PERLU DIPAHAMI

Foto oleh: Pixabay

 

1. Kepala Sekolah Sebagai Educator (Pendidik)

Sebagai educator atau pendidik, kepala sekolah harus mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah harus bisa membimbing guru-guru bagaimana mengajar dengan baik, memberikan pemahaman kepada guru dalam melaksanakan tugasnya, serta memberikan pelatihan-pelatihan terkait dengan tugasnya sehingga guru-guru menjadi lebih professional. Dalam hal ini, didukung oleh factor pengalaman kepala sekolah sebagai guru yang dilimpahi tanggung jawab sebagai kepala sekolah.  
Untuk meningkatkan kinerja guru agar lebih professional, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah yakni:
  • Mengikutsertakan guru-guru dalam workshop-workshop, penataran, seminar-seminar dan lainnya agar wawasan guru menjadi bertambah. Kepala sekolah juga harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada guru untuk meningkatkan pengetahuannya dengan belajar pada jenjang yang lebih tinggi. Seperti melanjutkan ke strata dua (S2) atau strata tiga (S3). Dengan syarat, tidak mengganggu kegiatan pembelajaran di sekolah. 
  • Mendorong guru-guru agar lebih efektif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah, seperti penggunaan media ajar yang menarik, metode ajar yang sesuai dengan materi, dan lainnya.

2.  Kepala Sekolah Sebagai Manager

Sebagai manager ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah, diantaranya:
  • Memiliki strategi yang jitu untuk memberdayakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah. 
  • Memiliki kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru, dan tenaga lainnya. 
  • Kepala sekolah juga harus mampu mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki sekolah untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah. 
  • Harus bersikap demokratis kepada seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengembangakan potensinya secara optimal. Seperti member kesempatan untuk meningkatkan profesinya masing-masing dengan mengikuti berbagai lokakarya, penataran, seminar, dan lainnya. 

3. Kepala Sekolah Sebagai Administrator

Sebagai administrator, kepala sekolah harus memiliki hubungan yang sangat erat dengan aktivitas pengelolaan administrasi seperti pencatatan, penyusunan dokumen-dokumen, dan lainnya. Dalam hal ini ada beberapa peran yang bisa dilakukan oleh kepala sekolah, sebagai berikut:
  • Memiliki kemampuan dalam mengelola kurikulum 
  • Memiliki kemampuan mengelola administrasi kesiswaan 
  • Memiliki kemampuan mengelola administrasi personalia 
  • Mampu mengelola administrasi sarana dan prasarana 
  • Mampu mengelola administrasi kearsipan 
  • Dan mampu mengelola administrasi keuangan. 
4. Kepala Sekolah Sebagai Leader
 
Sebagai leader, kepala sekolah harus mampu memberikan petunjuk dan pengawasan dalam meningkatkan kemampuan guru. Kepala sekolah juga harus memiliki karakter yang khusus baik dari segi keahlian, kepribadian, pengalaman dan juga pengetahuan. 
 
5. Kepala Sekolah Sebagai Innovator
Sebagai innovator, kepala sekolah memiliki beberapa peran sebagai berikut:
  • Menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekolah 
  • Mencari gagasan yang baru terutama dalam rangka memajukan lembaga 
  • Mengimplementasikan gagasan-gagasan atau ide-ide baru 
  • Memberikan keteladan yang baik 
  • Serta mengintegrasikan seluruh kegiatan sekolah.
6. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor 
 
Sebagai supervisor, kepala sekolah dituntut untuk dapat memberikan bimbingan kepada guru, memberikan motivasi, memberikan nasihat atau pengarahan sehingga guru-guru mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan baik yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
 
7. Kepala Sekolah Sebagai Motivator
 
Sebagai motivator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada guru agar mereka dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah dapat berupa pengaturan lingkungan kerja, menetapkan disiplin, memberikan penghargaan yang efektif, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, serta menyediakan berbagai sumber belajar melalui pengembangan sumber belajar.
 
Demikian pembahasan mengenai peran kepala sekolah, semoga bermanfaat...
 
 
Terimakasih,

 

 

Post a Comment for "PERAN KEPALA SEKOLAH YANG PERLU DIPAHAMI"