Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerangka Penulisan Makalah Yang Benar

Rikaariyani.com- Kerangka Penulisan Makalah Yang Benar- Bagaimana kerangka penulisan makalah yang benar? Mungkin ada yang bertanya seperti ini, karena sebagai pelajar atau mahasiswa, tentu pernah mendapatkan tugas makalah dari dosen, baik makalah individu maupun kelompok. 

Membuat makalah sebenarnya cukup gampang, jika tahu cara dan kaidah penulisannya. Namun tetap ada mahasiswa yang mengeluh saat mendapatkan tugas makalah. Banyak alasan yang dikemukakan, terutama masalah buku rujukan.

“Bu, buku rujukannya susaah!”

“Bu, masih bingung dengan kerangka penulisannya…”

Saya sendiri seringkali mendapatkan komentar begini dari para mahasiswa yang saya ampu.

Untuk itu, pada artikel kali ini, akan dibahas apa pengertian makalah, bagaimana ciri-ciri makalah dan bagaimana kerangka penulisan makalah yang benar.

kerangka makalah


Pengertian Makalah

Makalah yaitu karya tulis ilmiah yang membahas suatu masalah tertentu dan mengikuti kaidah EYD yang benar. Makalah juga dapat dipahami sebagai kajian literatur yang membahas suatu bidang ilmu tertentu.

Penulisan makalah harus mengikuti kaidah penulisan yang telah diatur.

Menurut W.J.S Poerwadarminta (1994) makalah adalah uraian yang membahas masalah tertentu.

Menurut Panuti Sudjiman (1990), makalah adalah karangan yang membahas suatu pokok pembahasan tertentu. Makalah biasanya dipublikasikan di majalah dan juga bisa dalam bentuk buku.

Baca juga: Produk digital untuk mendapatkan traffic 

Ciri-ciri Makalah

Makalah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Makalah dapat dipresentasikan dalam diskusi maupun seminar. 
  2. Makalah terdiri dari pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan. 
  3. Makalah memiliki sistematika penulisan dan kaidah penulisan sesuai EYD.


Baca juga: 5 Langkah Efektif Menulis Makalah

Kerangka Penulisan Makalah

kerangka penulisan makalah yang benar adalah sebagai berikut:

1. Cover

Di dalam cover harus mencantumkan judul makalah, nama dosen pengampu, nama penulis atau mahasiswa, logo institusi, nama Lembaga, dan tahun akademik.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar memuat beberapa hal di bawah ini:

  • Kalimat pembuka, seperti ucapan puji dan syukur kepada Allah SWT 
  • Ucapan terimakasih kepada pihak lain yang ikut membantu proses penulisan makalah. 
  • Kalimat penutup, misalnya “penulis menyadari makalah ini belum sempurna, demi kesempurnaan diharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. 
  • Tanggal dan nama penulis makalah

3. Daftar Isi

Daftar isi makalah memuat informasi halaman tiap bab. Daftar isi bermanfaat untuk memudahkan pembaca menemukan materi yang mereka inginkan. Daftar isi makalah juga memuat daftar table dan daftar gambar (jika ada). Selain itu, setiap lampiran yang ada di dalam makalah juga harus dicantumkan di dalam daftar isi.


4. Bab I : Pendahuluan

Ada tiga poin penting yang harus ada pada Bab 1 atau bagian pendahuluan, yakni:

1. Latar belakang masalah

Latar belakang masalah berisi landasan pemikiran mengapa tema tersebut perlu dibahas. Penulisan latar belakang masalah seperti piramida terbalik, yaitu dari umum ke khusus. Jelaskan terlebih dahulu fakta-fakta yang ada, lalu baru masuk pada inti permasalahan.

2. Rumusan masalah

Rumusan masalah fungsinya adalah untuk membatasi pembahasan agar pembahasan lebih terfokus. Rumusan masalah ditulis minimal 3 dan berbentuk kalimat tanya

3. Tujuan penulisan

Tujuan penulisan adalah tujuan yang ingin dicapai dari penulisan makalah. Tujuan penulisan ditujukan untuk pembaca.

5. Bab II : Pembahasan

Pada bab ini diuraikan secara detail materi-materi makalah, teori menurut ahli, masalah yang terjadi di lapangan, solusi dari permasalahan. Jika mengutip teori, jangan lupa untuk menuliskan sumbernya. Boleh menggunakan footnote, boleh juga bodynote.

6. Bab III : Penutup

Pada bab III berisi kesimpulan dari apa yang telah diuraikan pada bab pembahasan. Pada bab ini juga memuat saran untuk penulisan yang akan datang.

7. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka merupakan bagian terakhir dalam penulisan makalah. Daftar Pustaka berisi literatur yang dijadikan referensi dalam makalah. Daftar Pustaka dapat diambil dari buku, jurnal, majalah, dan juga website. Cara menulis daftar Pustaka, silahkan baca artikel tentang: Cara Membuat Daftar Pustaka Yang Benar

Demikian penjelasan mengenai kerangka penulisan makalah yang benar, semoga bermanfaat dan selamat menulis.

Terimakasih,

Lihat juga: Ebook Paling Rekomended

 
 




3 comments for " Kerangka Penulisan Makalah Yang Benar "