Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi-fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya

Rikaariyani.com- Secara umum, manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses pengaturan segala sesuatu oleh individu atau kelompok. Manajemen memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Selengkapnya akan dibahas di dalam artikel berikut ini:

 


Pengertian Manajemen

Manajemen dapat diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien.

Menurut G.R. Terry, manajemen adalah sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Sedangkan menurut Nanang Fattah (2009:1), manajemen diartikan sebagai proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.

Sondang P. Siagian (2003:146) menjelaskan bahwa manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

Fungsi-fungsi Manajemen

Manajemen memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal dalam proses manajemen. Perencanaan pada hakekatnya merupakan proses pemikiran yang sistematis untuk menentukan apa yang akan dilakukan bagaimana melakukanya, siapa pelaksananya, dan kapan kegitan tersebut harus dilakukan.
Menurut Suharsimi Arikunto (2010;38) aspek perencanaan meliputi: Apa yang dilakukan? Siapa yang melakukan? Di mana akan melakukan? Apa saja yang dilakukan? Bagaimana melakukannya? 

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian (organizing) merupakan proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumberdaya-sumberdaya yang dimilikinya, dan lingkungan yang melingkupinya. Pengorganisasian juga dapat diartikan sebagai proses pembagian kerja ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumber daya, serta mengkoordinasikannya dalam rangka efektivitas pencapaian tujuan organisasi.

3. Pelaksanaan

Pelaksanaan yakni implementasi dari segala bentuk perencanaan, konsep, ide, dan gagasan yang telah disusun untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut Siagian (2008: 5), pelaksanaan dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat kerja para bawahan sehingga mereka mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan.

Menurut G.R Terry dalam Sukarna (2011: 10), pelaksanaan ialah membangkitkan dan mendorong semua anggota kelompok agar dapat bekerja dengan baik sehingga tercapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan menurut Hasibuan (2011: 2), pelaksanaan adalah mengarahkan semua bawahan agar mau berkerja sama dan berkerja efektif untuk mencapai tujuan.

4. Pengawasan

Pengawasan merupakan bagian terakhir dalam proses manajemen. Pengawasan dilakukan untuk mengetahui apakah semua kegiatan telah berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan atau belum.

Menurut George R. Terry (2005:232), pengawasan merupakan proses mengevaluasi pelaksanaan dan menerapkan tindakan perbaikan sedemikian rupa hingga pelaksanaannya sesuai dengan rencana.

Menurut Usman Effendi (2014:138), pengawasan merupakan fungsi manajemen yang paling esensial, sebaik apa pun kegiatan pekerjaan tanpa adanya pengawasan maka pekerjaan itu tidak dapat
dikatakan berhasil. 

Sedangkan menurut Irham Fahmi (2014:138) pengawasan secara umum dapat didefinisikan sebagai cara suatu organisasi mewujudkan kinerja yang efektif dan efisien, serta mendukung terwujudnya visi dan misi suatu orgainisasi. 

Demikian penjelasan mengenai fungsi-fungsi manajemen, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Ayat tentang perencanaan

Kegiatan perencanaan peserta didik

Perencanaan dalam proses manajemen 

Post a Comment for "Fungsi-fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya"