Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengupload File PDF Ke Dalam Blog

Rikaariyani.com- Cara Mengupload File PDF Ke Dalam Blog- Menjadi seorang blogger, kita dituntut untuk lebih kreatif. Tidak hanya sekedar mampu menulis artikel dengan baik, kita juga harus mampu mengedit, menyesuaikan tema, memposting tulisan dengan berbagai format dan lainnya sehingga blog yang kita kelola tampak lebih menarik.

Menulis artikel dan mempostingnya di blog mungkin sudah biasa kita lakukan. Namun, memposting tulisan dalam bentuk PDF tidak semua blogger mengetahui cara-caranya, terutama blogger pemula.

Untuk itu, pada artikel kali ini saya ingin bahas lebih lanjut bagaimana cara memposting file PDF ke dalam blog. Karena sebagaimana yang kita sadari, pengunjung terkadang menginginkan file PDF karena bisa didownload dengan mudah. 

Cara Mengupload File PDF Ke Dalam Blog


File PDF



Ok, langsung saja.

Untuk mengupload file pdf ke dalam blog sebenarnya sangat gampang jika kita mengetahui caranya, hanya butuh waktu dalam hitungan menit.

Bagaimana caranya?

1. Buka google docs atau google dokumen melalui akun google kalian masing-masing. Lihat gambar di bawah ini:



2.  Klik icon folder pada sebelah kanan layar seperti yang saya lingkari pada gambar di atas, lalu klik upload untuk mulai mengupload file PDF kalian. Kemudian klik pilih file dari perangkat anda.

3. Tentukan file yang akan diupload ke blog, lalu klik open.

4. Setelah kita klik open, file PDF akan terbuka secara otomatis. Seperti pada gambar di bawah ini:


 

Klik icon titik tiga pada bagian pojok kanan atas, lalu pilih bagikan, kemudian klik dapatkan link. Ubah dibatasi menjadi siapa saja yang mendapatkan link. Ini berarti bahwa file PDF yang akan kita upload bisa diakses oleh semua orang. 

Baca juga: Cara menggunakan aplikasi turnitin

5. Klik icon titik tiga kembali, pilih sematkan item lalu copy kode html yang muncul. Lihat gambar di bawah ini:



 

6. Langkah selanjutnya silahkan buka blog kalian, klik postingan baru, pilih tampilan HTML lalu paste atau tempel kode html yang sudah kalian copy.

7. Selesai. File PDF sudah berhasil disematkan. Klik tinjau untuk memastikan file pdf benar-benar sudah berhasil diupload. Lalu klik publikasikan.

Sampai di sini bisa dipahami ya? Tidak ribet dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kalian bisa upload file apa saja yang berkaitan dengan niche blog kalian.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat dan jangan lupa share ya...  Syukran jazilan.

Baca juga: Cara melakukan editing video


 

 

Post a Comment for "Cara Mengupload File PDF Ke Dalam Blog"