Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KAJIAN PUSTAKA DALAM PENELITIAN KUALITATIF

Rikaariyani.com- KAJIAN PUSTAKA DALAM PENELITIAN KUALITATIF- Kajian pustaka dikenal juga dengan kajian teori atau landasan teori. Pada penelitian kualitatif kajian pustaka ditulis pada bab II.

Dalam sebuah penelitian, kajian pustaka memiliki peranan yang sangat penting. Kajian pustaka merupakan pijakan awal peneliti sebelum melakukan penelitian. Kajian pustaka disebut juga sebagai pintu masuk pertama bagi peneliti dalam mengamati fenomena-fenomena yang ada di lapangan.

Di dalam artikel ini penulis akan membahas secara detail mengenai kajian pustaka, diawali dengan pengertian, fungsi, dan juga tata cara penulisan kajian pustaka. 

KAJIAN PUSTAKA DALAM PENELITIAN KUALITATIF
foto pixabay

 

DEFENISI KAJIAN PUSTAKA

Kajian pustaka yaitu konsep-konsep atau ide-ide yang bersumber dari buku, jurnal, maupun artikel. Tujuannya adalah untuk mendukung tulisan dan penelitian yang kita lakukan.

Kajian pustaka harus relevan dengan tema-tema yang kita teliti dan harus mutakhir, minimal 10 tahun terakhir. Kajian pustaka disebut juga sebagai pisau analisis dalam sebuah penelitian. 

Baca juga: Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian

 

FUNGSI KAJIAN PUSTAKA

Kajian pustaka memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  1. Memperkuat gagasan peneliti 
  2. Mengembangkan pemahaman peneliti terkait dengan tema-tema yang diteliti, sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitiannya.

  3. Membantu peneliti membuat latar belakang dan kesimpulan penelitian.

  4. Membantu peneliti memilih prosedur penelitian

  5. Membantu peneliti memahami teori yang berkaitan dengan permasalahan penelitian

TATA CARA PENULISAN KAJIAN PUSTAKA 

  1. Kajian pustaka ditulis sesuai dengan topic atau tema penelitian yang dilakukan.

  2. Sumber pustaka yang diambil harus bisa dibuktikan secara empiris.

  3. Tulis dengan rapi dan terorganisir

  4. Usahakan sumber yang diambil sesuai dengan perkembangan zaman atau teori terbaru.

  5. Kajian pustaka ditulis dengan beberapa sub bab yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. 

CONTOH KAJIAN PUSTAKA 

Berikut ini contoh kajian pustaka pada karya ilmiah yang berjudul “Manajemen Laboratorium Komputer dalam Meningkatkan Keterampilan Teknologi Informasi Siswa SMK Negeri 3 Kota Jambi.

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA DAN PENELITIAN YANG RELEVAN

 A.     KAJIAN PUSTAKA

1.      Manajemen Laboratorium Komputer

Manajemen berasal dari bahasa latin, yaitu dari asal kata manus yang berarti tangan dan agree yang berarti melakukan. Kata-kata itu digabung menjadi manager yang artinya adalah menangani. Kemudian manager diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yaitu to manage (kata kerja), management (kata benda), dan manager untuk orang yang melakukannya.40 Gareth R. Jones and Jennifer M. George mengemukakan bahwa: “management is the planning, organizing, leading, and controlling of human and other resources to achieve organizational goals efficiently and effectively” (manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia dan lainnya untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.41

2. Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Keterampilan atau disebut juga dengan skill yaitu kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, dan ide serta kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah, ataupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.97 Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, keterampilan adalah kecakapan untuk menyelesaikan tugas.98

Keterampilan (skill) dalam arti sempit yaitu kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam tingkah laku motorik yang disebut normal skill. Sedangkan dalam arti luas, keterampilan meliputi aspek normal skill, intelektual skill, dan social skill.99 Keterampilan seseorang itu dapat tumbuh melalui latihan-latihan yang dilakukan oleh orang itu sendiri.

B. PENELITIAN YANG RELEVAN

        Sebelum penulis mengadakan penelitian, terlebih dahulu penulis melakukan studi relevan yaitu mengidentifikasi sumber-sumber dalam bentuk hasil penelitian yang telah ada dan relevansinya dengan penelitian yang akan dilakukan, dengan tujuan agar tidak terjadi kesamaan dalam penelitian baik dari sisi materi penelitian, subjek, ataupun hasil temuan. 

Di antara penelitian-penelitian yang dianggap mempunyai relevansi dengan penelitian yang penulis lakukan, antara lain: 

Disertasi yang ditulis oleh Joko Santosa109 dengan judul: “Hubungan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Dampak Sertifikasi Guru, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru pada SMK Negeri di Malang Raya. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2011.


Demikian penjelasan mengenai kajian pustaka dalam penelitian kualitatif, semoga bermanfaat....

Baca juga: Teknik menulis Abstrak

Post a Comment for "KAJIAN PUSTAKA DALAM PENELITIAN KUALITATIF"