Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat E-book Menggunakan Google Drive

Rikaariyani.com- Cara Membuat eBook Menggunakan Google Drive- Pada artikel yang pernah saya tulis sebelumnya, telah dijelaskan bahwa menulis buku sangat penting bagi seorang dosen. Selain untuk kepentingan kenaikan jabatan, menulis buku juga berperan penting dalam meningkatkan karir dan masa depan dosen. 

Dengan memiliki buku, baik buku tercetak ataupun e-book, keilmuan yang dimiliki terkesan lebih valid dan tidak diragukan lagi. Buku yang ditulis oleh dosen akan lebih diterima oleh mahasiswa. Dari segi finansial, dosen yang menulis buku juga akan menerima penghasilan tambahan dari royalti yang diberikan oleh penerbit.

Di era milenial seperti saat ini, banyak cara untuk menerbitkan buku. Salah satunya adalah e-book. Banyak penerbit indonesia yang menghadirkan buku dengan format e-book. Dan salah satu buku saya pun saat ini dipasarkan melalui e-book.

Cara Membuat E-book Menggunakan Google Drive

Cara membuat ebook
Pixabay


Apa Itu eBook?

eBook merupakan singkatan dari electronik book atau buku elektronik. e-book dibuat dalam bentuk file PDF dan bisa didownload, baik melalui smartphone maupun laptop. 

Belakangan ini ebook kian diminati karena tidak perlu lagi membawa buku secara fisik. Hanya bermodal smartphone, kita bisa membaca di saja. Meskipun dalam bentuk digital, ebook tetap memiliki hak kekayaan intelektual dan tetap ada undang-undang yang melindungi.

Membuat ebook tidaklah sulit, banyak aplikasi gratis yang bisa kita gunakan.  

Baca juga: cara mengubah PTK menjadi buku

 

Apa Saja Syarat Membuat E-Book?

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin membuat ebook, diantaranya adalah:

1. Harus Menguasai Topik Yang Akan Ditulis

Sebelum menulis, tentukan topik apa yang akan dibahas. Sesuaikan dengan keahlian yang kita miliki. Misal, dosen manajemen pendidikan islam menulis mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manajemen pendidikan islam. Atau seorang blogger, menulis tentang cara-cara menghasilkan uang melalui blog. 

2. Harus menguasai tata bahasa yang baik 

Sama seperti menulis buku pada umumnya, ebook pun harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga pembaca dapat memahami apa yang disampaikan oleh penulis dan bisa mengambil manfaat dari apa yang dituliskan.

3. Menguasai Tool Yang Dibutuhkan

Salah satu tool untuk membuat ebook adalah google drive atau google docs. 

 

Bagaimana Cara Membuat Ebook Menggunakan Google Drive?

Berikut beberapa langkah untuk membuat ebook menggunakan google drive:

  1. Buka google drive  

  2. Klik icon New 

  3. Pilih google docs atau google dokumen 

  4. Lalu mulai membuat tulisan sesuai dengan outline atau kerangka tulisan. 

  5. Kalau sudah selesai, klik File kemudian pilih download as, lalu pilih PDF Document.

Ebook siap untuk diterbitkan. Untuk menerbitkan ebook salah satu aplikasi gratis yang bisa kita gunakan adalah aplikasi Anyflip. Selain gratis anyflip tidak perlu diinstal terlebih dahulu. Kita hanya perlu jaringan internet untuk menggunakannya.

Bagaimana caranya? Insyaallah akan penulis bahas pada artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

Baca juga: Ciri-ciri buku ajar

Thanks,

Rikaariyani







Post a Comment for "Cara Membuat E-book Menggunakan Google Drive"