Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Terbaik Kuliah Online

Rikaariyani.com- 5 Aplikasi Terbaik Kuliah Online- Di era teknologi saat ini, segala hal bisa dilakukan secara online. Belanja online, pembelian tiket secara online, hingga melaksanakan perkuliahan secara online. Terlebih masa-masa pandemi seperti ini, yang mengharuskan dosen dan mahasiswa melakukan perkuliahan secara online.

Berbagai jenis aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dalam memberikan perkuliahan secara online, seperti edmodo, zoom, dan lainnya.

Di dalam artikel kali ini, penulis akan membahas 5 aplikasi terbaik kuliah online. Aplikasi apa saja? Simak artikel berikut ini:

5 Aplikasi Terbaik Kuliah Online

5 Aplikasi Terbaik Kuliah Online
Foto oleh: Pixabay

Pengertian Kuliah Online

Kuliah secara online disebut juga dengan e-learning, yaitu proses perkuliahan dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi, dimana dosen dan mahasiswa dapat melakukan komunikasi menggunakan fasilitas internet. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan di mana saja dan kapan saja, dengan syarat memiliki koneksi internet.

Kuliah secara online memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah: 

  1. Dapat menghemat biaya, baik biaya transport maupun biaya-biaya lainnya. 
  2. Mahasiswa dapat mempelajari kembali materi yang diajarkan oleh dosen karena berbentuk modul. 
  3. Dapat melatih mahasiswa untuk lebih mandiri dan kreatif. 
  4. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginannya.  
Baca juga: Tips agar lulus kuliah tepat waktu

Aplikasi Terbaik Kuliah Secara Online

1. Google Classroom

Aplikasi ini disediakan oleh google untuk mempermudah proses pendidikan secara online. Para mahasiswa tinggal memasukkan kode kelas yang telah didaftarkan oleh dosen. Google classroom ini bisa didownload secara gratis di play store. Cara login ke aplikasi google classroom cukup dengan langkah sederhana berikut ini:

  1. Buka https://classroom.google.com/ atau bisa juga langsung masuk ke aplikasi yang telah diunduh melalui play store. 
  2. Klik tanda (+) di pojok kanan, lalu pilih create class jika ingin membuat kelas atau pilih join class jika ingin bergabung dengan kelas. 
  3. Masukkan kode yang telah diberikan oleh dosen atau pengajar 
  4. Setelah bergabung dengan kelas, mahasiswa dapat melihat materi atau tugas di classwork.

Kelebihan google classroom adalah terintegrasi langsung dengan Google Drive dan juga Google Docs. Dosen bisa dengan mudah  melihat seluruh tugas dikirim oleh mahasiswa, begitu pun sebaliknya. Selain itu, google classroom juga sangat mudah digunakan, hanya butuh waktu beberapa menit untuk mempersiapkan dan mengaturnya. Sedangkan kekurangannya adalah:

  1. Tampilannya kurang menarik. Google classroom hanya menampilkan beberapa gambar kartun. 
  2. Google classroom belum memiliki tempat penyimpanan file sendiri, masing bergantung pada google drive. Sehingga jika google drive sudah penuh, tugas yang dikirimkan menjadi error.

 
2. Edmodo

Melalui aplikasi edmodo, dosen dan mahasiswa dapat saling berbagi dokumen dan juga tautan. Proses pembelajaran juga dapat dipantau oleh orang tua masing-masing. Tampilan edmodo hampir sama dengan tampilan facebook. Kelebihan edmodo adalah: mudah mengirim gambar ataupun video. Sedangkan kekurangannya adalah tidak dilengkapi dengan fasilitas chatting seperti facebook dan juga tidak adanya fasilitas tagging.

 
3. Zoom Cloud Meetings

Zoom cloud meetings adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh melalui konferensi video, rapat online, dan juga chatting. Aplikasi ini sudah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan, guru ataupun dosen, hingga pejabat pemerintahan. Untuk dapat menggunakan aplikasi zoom ini, kita hanya perlu mendaftar melalui hp atau website. Zoom dapat melakukan meeting hingga 100 partisipan.

Beberapa kelebihan dibandingkan aplikasi meeting lainnya adalah memiliki kapasitas yang besar. Aplikasi zoom cloud meeting dapat menampung hingga 1000 partisipan dalam satu grup atau ruang live. Selain itu, kualitas video dan audio juga sangat baik sehingga memudahkan saat berkomunikasi.

Kekurangannya adalah: boros kuota dan tidak tersedia bahasa Indonesia.  

4. Google Meet

Google meeting memberikan fasilitas video conference yang dapat menampung banyak peserta untuk melakukan video conference. Dalam satu sesi, google meet dapat mengundang hingga 250 peserta. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store.


5. WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun whatsApp bukan aplikasi untuk belajar online, namun kita bisa memanfaatkannya untuk kuliah online. Saya pun tak jarang menggunakan aplikasi ini untuk perkuliahan online.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika menggunakan whatsApp dalam melaksanakan kuliah online:

  • Membuat grup belajar. Grup ini kita gunakan sebagai kelas online, baik dalam menjelaskan materi maupun dalam memberikan latihan atau tugas. 
  • Membuat absensi online. Membuat Absensi online dapat menggunakan  google form. 
  • Kegiatan belajar. Proses perkuliahan dapat diawali dengan pengisian absen, pemberian materi, diskusi, dan pemberian tugas.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi terbaik dalam melaksanakan kuliah secara online. Semoga bermanfaat.  

Baca juga: Peran dosen pembimbing skripsi 

2 comments for "5 Aplikasi Terbaik Kuliah Online"

  1. Wow Terimakasih Bu Doktor Rika, banyak pelajaran yang bisa diambil dari blog ini. Semoga jadi amal ibadah bagi Bu Rika.🙏

    ReplyDelete
  2. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin... terimakasih banyak.

    ReplyDelete