Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Ngeblog Dari Nol Secara Otodidak

Rikaariyani.com- Belajar Ngeblog Dari Nol Secara Otodidak- Bisa gak ya belajar ngeblog secara otodidak? Jawabannya sangat bisa, tergantung kemauan dan kerja keras. 

Saya salah satu blogger yang belajar secara otodidak, dari nol tentu saja. Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin share pengalaman saya sejak pertama kali kenal blog, hingga menerbitkan ratusan artikel di blog. 

Belajar Ngeblog Dari Nol Secara Otodidak


Belajar Ngeblog Dari Nol Secara Otodidak

 

Apa Itu Blog?

Blog adalah sebuah website yang berisi tulisan berupa artikel, foto, maupun video yang dibuat oleh seseorang atau si empunya blog yang dikenal sebagai blogger.

Baca juga: Blog sebagai media pembelajaran

Bagaimana Cara Ngeblog?

Caranya sangat gampang, simak penjelasan berikut: 

1. Harus punya laptop

Tentu saja kamu harus punya laptop dan jaringan internet. Ini modal utama yang harus kamu siapkan. Sebenarnya bisa sih ngeblog dari android, tapi ribet.

2. Harus mau meluangkan waktu

Yup, ini penting. Luangkan waktu setidaknya 2 jam dalam 24 jam, kalau gak sempat siang, kamu bisa lakukan aktivitas ini pada malam hari atau sebelum tidur.

Saya pribadi sih memang lebih focus dan tenang menulis pada malam hari. Tapi jangan lupa, siapkan cappuccino agar kamu tidak ketiduran di keyboard. Hihihi… becanda.

3. Cari referensi yang tepat

Kalau saya pribadi sih seringkali mengunjungi weblog dan youtube mas Timon untuk belajar. Penjelasannya lengkap dan mudah dimengerti.

Banyak hal yang saya pelajari melalui tutorialnya, dimulai dari mengganti domain, memasang template blog yang responsif, membuat sitemap, privacy policy, disclaimer, hingga melengkapinya dengan menu dan sub menu.

Mas timon juga membahas bagaimana tips-tips agar diterima google adsense. Tapi ya, harus kudu sabar dan fokus. Namanya belajar otodidak.

4. Mengasah kemampuan menulis

Kemampuan menulis harus dimiliki oleh semua blogger, karena produk utama sebuah blog adalah tulisan atau artikel-artikel. Jika tulisan anda menarik, tentu akan meningkatkan performa blog anda. Pembaca pun akan lebih betah membaca tulisan-tulisan yang kamu buat.

5. Terus belajar

Untuk menjadi seorang blogger, kamu perlu banyak belajar dan terus belajar hal-hal yang baru. Kamu bisa pelajari dari buku-buku atau dari internet. Beberapa hal yang perlu kamu pelajari seperti SEO, coding, dan lainnya. Hal ini supaya blog kamu cepat berkembang.

6. Harus produktif

Jika kamu serius ingin ngeblog, kamu perlu produktif menulis atau memposting tulisan-tulisan terbaru. Jika kamu belum menemukan ide untuk menulis, kamu bisa mengupdate tulisan-tulisan lama agar blog anda selalu up to date.

7. Usahakan untuk selalu konsisten

konsisten sangat penting bagi seorang blogger. Walaupun ini tidak mudah, terutama bagi kamu yang punya kesibukan lain.

Agar tetap konsisten, kamu perlu membuat jadwal. Kapan waktunya menulis, dan kapan mempublikasikannya. 

Demikian artikel mengenai belajar ngeblog dari nol secara otodidak, semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 manfaat blog


Semoga bermanfaat...


Post a Comment for "Belajar Ngeblog Dari Nol Secara Otodidak"