Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menyelesaikan Studi S3 Tepat Waktu

Rikaariyani.com, Jambi- Tips Menyelesaikan Studi S3 Tepat Waktu- Program Doktor atau S3 merupakan jenjang pendidikan tertinggi yang lebih terfokus pada penelitian, pengembangan teori dan menciptakan teori baru. 

Menjalani perkuliahan pada jenjang S3 ini memang dihadapkan pada banyak kesibukan, baik urusan karir maupun urusan keluarga sehingga mengakibatkan proses perkuliahan menjadi terbengkalai. Seharusnya bisa selesai dalam waktu 3 tahun, malah molor menjadi 4 hingga 5 tahun atau bahkan ada yang tidak selesai sama sekali.

Apa saja tips menyelesaikan studi S3 tepat waktu? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini:

 


 

Tips Menyelesaikan Studi S3 Tepat Waktu

1. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Tips yang pertama adalah memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu sangat penting karena pada umumnya mahasiswa S3 memiliki kesibukan yang beragam. Jika tidak memiliki manajemen waktu yang baik, proses perkuliahan terutama menyangkut tugas akhir akan terbengkalai. Jangan menunggu waktu luang untuk mengerjakannya, sediakan waktu khusus sehingga tugas-tugas kuliah dapat terselesaikan dengan baik.

2. Memiliki Motivasi yang Kuat

Tanpa motivasi yang kuat, seseorang akan mudah menyerah di tengah perjalanan. Apalagi harus menghadapi penyusunan tugas akhir dan proses penelitian yang panjang. Umumnya, masalah motivasi ini sering muncul pada tahap pengajuan proposal Disertasi.

3. Memiliki Jaringan yang Luas

Selain harus fokus menjalani proses perkuliahan, mahasiswa S3 juga harus memiliki jaringan yang luas. Jaringan ini akan membantu kita dalam menghadapi semua kesulitan yang ditemukan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Memilih Promotor yang Tepat

Promotor dan co-promotor memiliki peran penting dalam penyelesaian Disertasi. Untuk itu, pilihlah promotor yang tepat dan sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Selain itu, beberapa tips lain dalam memilih promotor diantaranya adalah: 1) Pilihlah Promotor yang gampang ditemui, 2) Pilihlah Promotor yang tepat janji, 3) Pilihlah Promotor yang tidak menyulitkan mahasiswa, 4) Pilihlah Promotor yang tidak plin plan dalam membimbing.

5. Harus Banyak Komunikasi dengan Dosen 

Dalam menyelesaikan studi S3, perlu banyak komunikasi dengan dosen, terutama promotor dan co-promotor. Jika menemukan kendala dan hambatan dalam penyelesaian Disertasi, jangan sungkan mengungkapkannya pada promotor agar ada jalan keluarnya. 

6. Perbanyak Membaca Jurnal

Mahasiswa S3 harus banyak membaca jurnal-jurnal karena dapat membantu dalam menemukan ide penelitian dan lebih mudah dalam menemukan unsur kebaruan dari ide penelitian yang dilakukan. Selain itu, referensi dari jurnal akan menguatkan landasan teori dalam penelitian yang dilakukan.

Demikian beberapa tips menyelesaikan studi S3 tepat waktu, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Apa manfaat memiliki gelar doktor?

Perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi 

1 comment for "Tips Menyelesaikan Studi S3 Tepat Waktu"