Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Manfaat Memiliki Gelar Doktor?

Rikaariyani.com- Apa Manfaat Memiliki Gelar Doktor?- Memperoleh gelar Doktor, sungguh tidaklah mudah. Butuh proses dan perjuangan yang luar biasa. Namun, bagi seseorang yang memiliki jiwa ilmuan, proses tersebut merupakan sebuah tantangan yang mengasyikkan, karena bisa menemukan banyak hal-hal baru yang bermanfaat.

Bagi para dosen di perguruan tinggi, gelar Doktor merupakan tujuan formal yang paling tinggi dalam jenjang Pendidikan akademik. Gelar Doktor merupakan tuntutan yang melekat pada profesi dosen.

Memiliki Gelar Doktor, tidak hanya bermanfaat bagi orang yang bersangkutan, namun juga bagi orang-orang sekitar. Apa saja manfaatnya? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini:



Gelar Doktor

Doktor merupakan gelar akademik tertinggi yang diberikan oleh perguruan tinggi tertentu kepada mahasiswa. Gelar doktor diberikan setelah seseorang menjalani Pendidikan S3. Memiliki gelar doktor adalah sebuah kehormatan, karena gelar tersebut tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma. Butuh perjuangan, materi, dan pikiran selama beberapa tahun.

Manfaat Gelar Doktor

Beberapa manfaat gelar doktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lebih Kompeten

Manfaat pertama adalah lebih kompeten, terutama dalam bidang akademik. Untuk mendapatkan gelar Doktor, seseorang membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mendalami materi perkuliahan. Melalui proses tersebut, secara tidak langsung akan meningkatkan kompetensi secara akademik, karena banyak ilmu yang didapatkan.

2. Memiliki Banyak Pengalaman

Menjalani perkuliahan pada jenjang S3, kita dituntut untuk berinteraksi dengan banyak orang, baik para dosen maupun yang lainnya dengan berbagai macam karakter. Kita juga banyak melakukan riset dan berkeliling ke berbagai lokasi penelitian. Aktivitas-aktivitas tersebut tentu memberikan banyak pengalaman, baik pengalaman riset maupun lainnya sehingga nanti sangat berguna dalam menunjang karir.

3. Peluang Karir Lebih Luas

Dosen bergelar Doktor banyak dibutuhkan oleh kampus, terutama untuk meningkatkan kualitas kampus. Bahkan diantara kampus ada yang mewajibkan dosennya minimal bergelar Doktor. Selain itu, dosen yang sudah bergelar Doktor memiliki kesempatan untuk mendapatkan jabatan akademik lebih tinggi, yaitu professor.

Lulusan S3 bahkan juga memiliki kesempatan yang luas untuk berkarir di luar negeri.

4. Memiliki Kontribusi dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Salah satu kriteria kelulusan program Doktor adalah menghasilkan penelitian yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

5. Dapat Memperbaiki Kondisi Perekonomian

Lulusan S3 memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji lebih tinggi Ketika berkarir. Namun, dibalik itu ada segudang tanggung jawab yang perlu dilakukan.

Demikian artikel mengenai manfaat gelar doktor, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog rikaariyani.com.

Baca juga artikel lainnya:

 


 

Post a Comment for "Apa Manfaat Memiliki Gelar Doktor?"