Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistematika Penulisan Makalah yang Harus Dipahami Mahasiswa

Rikaariyani.com- Makalah yaitu tulisan atau dokumen tertulis yang mengandung analisis, pemahaman, penelitian, atau penyampaian informasi mengenai suatu topik tertentu. Makalah sering digunakan dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan, akademis, bisnis, dan profesional. Tujuan utama penulisan makalah adalah untuk menyampaikan informasi atau gagasan kepada pembaca dengan cara yang terstruktur dan informatif.

Sebuah makalah biasanya memiliki struktur yang terorganisir dengan baik, yang mencakup bagian-bagian seperti pendahuluan, pembahasan dan kesimpulan. Makalah juga harus dilengkapi dengan daftar pustaka atau referensi untuk mendukung argumen yang disampaikan dalam makalah tersebut. Selain itu, makalah yang ditulis harus bersifat orisinal, bukan hasil copy paste atau plagiarisme. 

Sebagai seorang mahasiswa, penting untuk memahami sistematika penulisan makalah agar dapat menghasilkan makalah yang baik dan informatif. sistematika penulisan makalah dapat bervariasi, mahasiswa harus mengikuti panduan yang diberikan oleh lembaga atau dosen pengampu. Lalu bagaimana sistematika penulisan makalah IAI SMQ Bangko? Simak penjelasan berikut:


 

Sistematika Penulisan Makalah yang Harus Dipahami Mahasiswa

1. Cover

Cover adalah halaman awal dari sebuah makalah. Cover berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah sampul. Melalui cover, pembaca dapat mengetahui nama penulis, institusi penulis, dan tahun penyusunan makalah tersebut. Membuat cover makalah tidak bisa dilakukan secara sembarangan, ada format penulisannya tersendiri.

Cover yang baik harus memuat beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Judul makalah secara lengkap
  • Nama dan gelar dosen pengampu
  • Logo institusi
  • Nama penulis atau mahasiswa yang bersangkutan
  • Nama lembaga atau institusi
  • Tahun akademik.

Contoh cover makalah IAI SMQ Bangko:

2. Kata Pengantar

Kata pengantar adalah bagian dalam karya tulis ilmiah yang memuat ungkapan-ungkapan rasa syukur dan rasa terima kasih dari penulisnya. Umumnya, kata pengantar terletak sebelum daftar isi dan memuat beberapa bagian penting, seperti pembukaan, isi, dan penutup.

Kata pengantar harus memuat beberapa hal di bawah ini:

  • Kalimat pembuka, seperti ucapan puji dan syukur kepada Allah SWT
  • Ucapan terimakasih kepada pihak lain yang ikut membantu proses penulisan makalah. 
  • Kalimat penutup, misalnya “penulis menyadari makalah ini belum sempurna, demi kesempurnaan diharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. 
  • Tanggal dan nama penulis makalah
Contoh Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul "Konsep manajemen dan administrasi pendidikan” ini dengan baik dan tepat waktu. Makalah ini penulis susun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Manajemen dan Administrasi Pendidikan.

Ucapan terimakasih tidak lupa penulis ucapkan kepada Ibu Dr. Rika Ariyani, M.Pd.I selaku dosen Pengampu mata kuliah “Manajemen dan Administrasi Pendidikan” yang telah memberikan bimbingan dalam penulisan makalah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang selalu setia membantu dan memberikan dukungan moril kepada penulis.

Penulis menyadari, makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritikan yang membangun dari dosen pengampu maupun teman-teman demi kesempurnaan Makalah ini.

                                                                                                            Bangko, 02 Oktober 2023

                                                                                                                Penulis
 
 
 

3. Daftar Isi

Daftar isi makalah memuat informasi halaman tiap bab. Daftar isi bermanfaat untuk memudahkan pembaca menemukan materi yang mereka inginkan. Daftar isi makalah juga memuat daftar tabel dan daftar gambar (jika ada). Selain itu, setiap lampiran yang ada di dalam makalah juga harus dicantumkan di dalam daftar isi.
 
Contoh daftar isi:
 

4. Bab I : Pendahuluan

Ada tiga poin penting yang harus ada pada Bab 1 atau bagian pendahuluan, yakni:

1. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah berisi landasan pemikiran mengapa tema tersebut perlu dibahas. Penulisan latar belakang masalah seperti piramida terbalik, yaitu dari umum ke khusus. Jelaskan terlebih dahulu fakta-fakta yang ada, lalu baru masuk pada inti permasalahan.

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah fungsinya adalah untuk membatasi pembahasan agar pembahasan lebih terfokus. Rumusan masalah ditulis minimal 3 dan berbentuk kalimat tanya

3. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan adalah tujuan yang ingin dicapai dari penulisan makalah. Tujuan penulisan ditujukan untuk pembaca.

Lihat contoh bab I pada link berikut: Makalah Grouded Theory
 

5. Bab II : Pembahasan

Pada bab ini diuraikan secara detail mengenai materi-materi makalah, teori menurut para ahli, masalah yang terjadi di lapangan, dan solusi dari permasalahan. Jika mengutip teori, jangan lupa untuk menuliskan sumbernya dalam bentuk footnote.

Lihat contoh bab II pada link berikut: Makalah Grouded Theory
Cara menulis footnote cek pada link berikut: Cara menulis footnote yang benar 
 

6. Bab III : Penutup

Pada bab III berisi kesimpulan dari apa yang telah diuraikan pada bab pembahasan. Pada bab ini juga memuat saran untuk penulisan yang akan datang.

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan bagian terakhir dalam penulisan makalah. Daftar Pustaka berisi literatur yang dijadikan referensi dalam penulisan makalah. Daftar Pustaka dapat diambil dari buku, jurnal, majalah, dan juga website. 
 
Lihat contoh penulisan daftar pustaka pada link berikut: Cara Membuat Daftar Pustaka Yang Benar
 

PANDUAN PENGETIKAN MAKALAH

  1. Menggunakan Kertas HVS ukuran A4
  2. Font yang digunakan: Arial
  3. Font Size: 12
  4. Margins 4-3-4-3 dengan jarak pengetikan 1,5 spasi
  5. Menggunakan nomor halaman dipojok kanan atas, kecuali pada halaman BAB posisinya tengah bagian bawah.
  6. Makalah ditulis minimal 15 halaman.
  7. Referensi utama dari buku minimal 3, referensi pendukung boleh dari jurnal.
  8. Makalah harus dilengkapi dengan footnote, bukan bodynote.
Demikian sistematika penulisan makalah, semoga bermanfaat.
 

 

Post a Comment for "Sistematika Penulisan Makalah yang Harus Dipahami Mahasiswa"