Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran

Rikaariyani.com- Cara Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran- Motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Ketika siswa memiliki motivasi yang tinggi, mereka cenderung lebih aktif mengikuti pembelajaran. Lalu, bagaimana cara meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran? berikut penjelasannya:

 

Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran

 

Pengertian Motivasi

Motivasi dalam Bahasa Inggris berasal dari kata motive yang berarti daya gerak atau alasan. Sedangkan motivasi dalam Bahasa Indonesia, berasal dari kata motif yang berarti daya upaya yang mendorong seseorang melakukan sesuatu.

Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan manusia untuk bertindak dan berperilaku. Menurut Saydam(2000: 326) motivasi dapat diartikan sebagai proses yang dapat memberikan dorongan atau rangsangan kepada orang lain. Sedangkan menurut Usman (2013: 276) motivasi ialah dorongan yang dimiliki seseorang untuk berbuat sesuatu. 

Adapun pengertian motivasi belajar menurut Sardiman (2018:75) adalah “Keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang dapat menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai”.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar merupakan dorongan yang timbul dari dalam maupun dari luar diri siswa, yang dapat menimbulkan semangat dan kegairahan belajar serta memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai.

Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran

Berikut ini ada beberapa cara efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat

Guru harus mampu memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode pembelajaran dapat menjadi tolak ukur apakah siswa merasa jenuh atau antusias dalam kegiatan pembelajaran. Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, diantaranya adalah metode diskusi, metode tanya jawab, diskusi kelompok, metode demonstrasi, dan lain sebagainya.

2. Memaksimalkan fasilitas pembelajaran

Motivasi belajar juga dapat ditingkatkan melalui fasilitas pembelajaran, misalnya dengan memanfaatkan perpustakaan, taman sekolah, laboratorium, aula, masjid, dan lainnya untuk melakukan proses pembelajaran agar siswa tidak bosan belajar di dalam kelas.

3. Memanfaatkan media pembelaran dengan optimal

Saat ini media pembelajaran semakin beragam, mulai dari buku, audio, hingga video. Bahkan, banyak yang gratis sehingga semakin memudahkan siswa untuk memperoleh informasi.

4. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Motivasi belajar siswa juga dapat ditingkatkan melalui suasana belajar yang menyenangkan. Suasana belajar yang menyenangkan akan dapat meningkatkan minat siswa untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal.

5. Memberikan pujian

Pujian merupakan ucapan yang bisa memberikan sentuhan positif secara verbal. Melalui pujian, seseorang akan merasa dihargai, begitu juga dengan siswa. Pujian dapat berupa apresiasi yang diberikan kepada siswa yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Selain pujian, guru juga dapat memberikan reward lain agar siswa terus termotivasi.

6. Melakukan evaluasi secara berkala

Evaluasi merupakan salah satu cara untuk mengukur kompetensi siswa. Melalui evaluasi, guru dapat mengukur keefektifan pembelajaran yang telah dilakukan. Jika hasil evaluasi menunjukkan hasil yang baik, maka bisa disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi belajar yang besar. 
 
Demikian penjelasan mengenai cara efektif meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran, semoga bermanfaat.
 
Baca juga artikel lainnya:
 
 

 
 
 

Post a Comment for " Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran"