Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi, Dan Macam-Macam Motivasi

 


Pengertian Motivasi

Motivasi dalam Bahasa Inggris yakni motive yang berarti daya gerak. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia berasal dari kata motif yang berarti daya upaya yang mendorong seseorang melakukan sesuatu.

Berikut ini pengertian motivasi menurut para ahli:

1. Mc. Donald

Menurut Mc. Donald, motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

2. Tabrani Rusyan

Menurut Tabrani Rusyan, motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.

3. Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow, motivasi adalah sesuatu yang bersifat konstan dan kompleks.

4. John W Santrock

Menurut John W Santrock, motivasi adalah proses memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku. Artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama.

5. Eko Putro Widoyoko

Menurut Eko Putro (2012: 234), motivasi adalah kondisi yang muncul pada diri seseorang yang disebabkan oleh interaksi  antara motif dengan kejadian yang diamati sehingga mendorong mengaktifkan perilaku menjadi Tindakan nyata.

6. Dalyono

Menurut Dalyono (2009: 57), motivasi merupakan daya penggerak atau pendorong untuk melakukan sesuatu.

7. Robert & Kinicki

Menurut Robert dan Kinicki (2001), motivasi merupakan proses psikologis yang dapat membangkitkan dan mengarahkan perilaku pada pencapaian tujuan.

8. Amstrong

Menurut Amstrong (2003), motivasi adalah ukuran berapa lama seseorang dapat menjaga usaha mereka. individu yang termotivasi akan menjalankan tugas cukup lama untuk mencapai tujuan mereka.

9. Robbins

Menurut Robbins (2003: 208), motivasi merupakan kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan dalam memenuhi kebutuhan.

10. Daft

Menurut Daft yang dikutip oleh Safaria (2004), motivasi adalah dorongan yang bersifat internal atau eksternal pada diri individu yang dapat menimbulkan antusiasme dan ketekunan untuk mengejar tujuan-tujuan.


Fungsi dan Tujuan Motivasi

Motivasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mendorong timbulnya suatu perbuatan. 
  2. Sebagai pengarah suatu perbuatan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. 
  3. Berfungsi sebagai penggerak. 
  4. Berfungsi sebagai penentu arah suatu perbuatan

Sedangkan tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan seseorang agar mamu melakukan sesuati sehingga dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Komponen Motivasi

Motivasi memiliki dua komponen, yakni Komponen dalam dan komponen luar. Komponen dalam yaitu perubahan dalam diri seseorang, sedangkan komponen luar yaitu apa yang diinginkan seseorang atau tujuan yang hendak dicapai.

Macam-Macam Motivasi

1. Motivasi intrinsik

Motivasi intrinsik yaitu motivasi yang ditimbulkan dari diri seseorang. Motivasi ini biasanya timbul karena adanya harapan, tujuan, dan keinginan seseorang terhadap sesuatu sehingga ia memiliki semangat untuk mencapainya.

2. Motivasi ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik yaitu sesuatu yang diharapkan akan diperoleh dari luar diri seseorang. Motivasi ini biasanya dalam bentuk nilai dari suatu materi, misalnya imbalan dalam bentuk uang atau insentif lainnya.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, fungsi, dan macam-macam motivasi. Semoga bermanfaat....

Baca juga artikel lainnya:

  1. Pengertian dan jenis-jenis media pembelajaran

  2. Kelebihan dan kekurangan pembelajaran berbasis HOTS 

  3. Sistem penjaminan mutu pendidikan

Post a Comment for "Pengertian, Fungsi, Dan Macam-Macam Motivasi "