Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Tujuan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompensasi

Rikaariyani.com- Memahami Tujuan Kompensasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia- Kompensasi merupakan salah satu fungsi penting dalam manajemen sumber daya manusia. Namun, dalam praktiknya masih banyak yang belum memahami bagaimana sistem kompensasi yang benar. Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk membahas secara detail tentang kompensasi. 

 


Pengertian kompensasi

Kompensasi adalah reward atau balas jasa organisasi terhadap pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran yang telah diberikan pegawai atau karyawan kepada perusahaan. Kompensasi dapat diberikan dalam bentuk uang, fasilitas, dan juga kesempatan untuk berkarir.

Menurut Panggabean (2002), kompensasi didefinisikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada karyawan sebagai balas jasa atas kontribusi yang mereka berikan kepada organisasi.

Menurut Singodimedjo (2000), kompensasi adalah balas jasa yang diterima seorang karyawan dari perusahaan sebagai akibat dari jasa atau tenaga yang telah diberikannya kepada perusahaan.

Tohardi (2002) mengemukakan bahwa kompensasi dihitung berdasarkan evaluasi pekerjaan. Jika kompensasi diberikan secara tidak adil tentu akan menimbulkan kecemburuan sosial.

Menurut Handoko (1992), kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima oleh karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka.

Dapat disimpulkan bahwa kompensasi adalah segala bentuk penghargaan yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan kepada karyawan atas jasa mereka, baik berupa uang maupun fasilitas lainnya secara layak dan adil.

Tujuan Kompensasi

Kompensasi memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menghargai prestasi kerja
  2. Menjamin keadilan
  3. Mencegah karyawan keluar dari organisasi
  4. Memperoleh karyawan yang bermutu
  5. Menghemat biaya rekrutmen dan seleksi
  6. Memenuhi peraturan-peraturan

Selain itu, kompensasi juga bertujuan untuk menjamin kehidupan dan status karyawan di tengah-tengah masyarakat. Pemberian kompensasi juga akan meningkatkan harga diri karyawan.

Pemberian kompensasi bukan saja menguntungkan bagi karyawan, tetapi perusahaan juga merasa puas karena telah memberikan sesuatu yang menjadi hak karyawan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Kompensasi

Beberapa faktor yang mempengaruhi kompensasi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tingkat kemampuan suatu organisasi/perusahaan

Perusahaan yang memiliki kemampuan tinggi akan dapat membayar kompensasi yang tinggi pula.

2. Jenis pekerjaan dan besar kecilnya tanggung jawab

Jenis pekerjaan juga menentukan besar kecilnya kompensasi. Karyawan yang memiliki kadar pekerjaan yang sulit dengan tanggung jawab yang besar akan diimbangi dengan tingkat kompensasi yang besar pula.

3. Peraturan perundang-undangan yang berlaku

Kompensasi yang dikeluarkan oleh suatu organisasi atau perusahaan juga akan selalu terikat dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Pemerintah menetapkan bahwa kompensasi yang diberikan oleh suatu organisasi harus dapat memenuhi kebutuhan fisik minuman (KFM) para karyawan.

Demikian pembahasan mengenai tujuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kompensasi, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Jenis-jenis kompensasi

Strategi manajemen disiplin 


Post a Comment for "Memahami Tujuan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompensasi "