Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis-jenis Gaya Kepemimpinan

Rikaariyani.com-  Kepemimpinan merupakan salah fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda. Setiap gaya kepemimpinan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 




 

Pengertian Gaya Kepemimpinan

Gaya kepemimpinan adalah cara pemimpin mempengaruhi bawahannya. Gaya kepemimpinan juga dapat diartikan sebagai cara pemimpin mengarahkan orang lain agar tujuan organisasi bisa tercapai sesuai
dengan yang telah ditetapkan.

Menurut Thoha (2013 : 49), gaya kepemimpinan merupakan norma perilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain seperti yang ia lihat.

Rivai dan Sagala (2013 : 42) menyatakan gaya kepemimpinan adalah sekumpulan ciri yang digunakan pimpinan untuk memengaruhi bawahan agar sasaran organisasi tercapai atau dapat pula dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola perilaku dan strategi yang disukai dan sering diterapkan oleh seorang pemimpin.

Sedangkan Sutikno (2014:35) menyatakan bahwa gaya kepemimpinan yaitu perilaku kepemimpinan atau disebut juga dengan tipe kepemimpinan.

Menurut Soekarso dalam Kumala & Agustina (2018 : 2), gaya kepemimpinan yaitu perilaku atau tindakan pemimpin dalam mempengaruhi para anggota atau bawahannya dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan manajerial.

Siagian dalam (Erlangga, 2017), mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan seseorang identik dengan tipe kepemimpinan orang yang bersangkutan. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin itu mempunyai sifat, kebiasaan, tempramen, watak, dan kepribadian tersendiri yang unik dan khas, hingga tingkah laku dan gaya yang membedakan dirinya dengan orang lain”.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yakni karakter, tingkah laku, dan watak kepribadian seorang pemimpin dalam mempengaruhi bawahannya agar tujuan organisasi dapat tercapai.

Jenis-jenis Gaya Kepemimpinan

Jenis-jenis gaya kepemimpinan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Gaya Kepemimpinan Otokratik

Otokratik yakni tindakan menurut kemauan sendiri. Kepemimpinan otokratik disebut juga dengan kepemimpinan otoriter. Gaya kepemimpinan ini menempatkan kekuasaan di tangan orang yang paling berkuasa. Selain itu, pemimpin yang menggunakan gaya otokratis ini menganut sistem sentralisasi wewenang, setiap kebijakan dan peraturan ditetapkan tanpa berkonsultasi dengan bawahannya, pemimpin tipe ini biasanya ingin berkuasa absolut, tunggal dan merajai keadaan.

Beberapa karakteristik gaya kepemimpinan otokratik adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan perintah-perintah yang harus dipatuhi oleh bawahannya.
  2. Menentukan kebijakan yang berlaku untuk semua pihak tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan para anggota organisasi.
  3. Tidak pernah memberikan informasi mendetail tentang rencana yang akan datang, akan tetapi hanya memberitahukan kepada setiap anggota organisasinya mengenai langkah-langkah yang harus mereka lakukan dengan segera.

2. Gaya Kepemimpinan Demokratis

Kepemimpinan demokratis menempatkan manusia sebagai faktor utama dan terpenting dalam setiap organisasi. Gaya kepemimpinan demokratis diwujudkan dengan dominasi perilaku sebagai pelindung dan
penyelamat dan perilaku yang cenderung memajukan dan mengembangkan organisasi. Pemimpin menempatkan orang-orang yang dipimpinnya sebagai subjek, yang memiliki kepribadian dengan berbagai aspeknya, seperti dirinya juga. Kemauan, kehendak, kemampuan, buah pikiran, pendapat, minat/perhatian, kreativitas, inisiatif, dan lain-lain yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain selalu dihargai dan disalurkan secara wajar

3. Gaya Kepemimpinan Permisif

Pemimpin permisif merupakan pemimpin yang tidak mempunyai pendirian yang kuat, sikapnya serba boleh. Pemimpin memberikan kebebasan kepada bawahannya, sehingga bawahan tidak mempunyai pegangan yang kuat terhadap suatu permasalahan. Pemimpin yang permisif cenderung tidak konsisten terhadap apa yang dilakukan.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis gaya kepemimpinan, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Ciri kepemimpinan dalam Islam

Gaya kepemimpinan partisipatif 

Tipe-tipe kepemimpinan pendidikan

Karakteristik kepemimpinan transformasional 

 

Post a Comment for "Mengenal Jenis-jenis Gaya Kepemimpinan"