Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Tujuan Seleksi Tenaga Kerja

Rikaariyani.com- Seleksi adalah proses memilih sekelompok pelamar yang paling memenuhi kriteria untuk menempati posisi yang tersedia. Seleksi juga disebut sebagai suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar. 

Lalu apa tujuan seleksi? Silahkan simak penjelasan berikut ini:

 


 

Pengertian Seleksi

Seleksi adalah suatu proses pemilihan dan penentuan pelamar untuk menempati posisi jabatan yang tersedia. Seleksi dilakukan setelah proses rekrutmen dilakukan. Seleksi digunakan untuk memutuskan apakah pelamar diterima atau tidak sesuai dengan kualifikasi yang ada dalam uraian jabatan.

Berikut beberapa pengertian seleksi menurut para ahli:

1. Malayu Hasibuan

Menurut Hasibuan (2011), seleksi adalah suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yang diterima atau yang ditolak.

2. Siswanto

Menurut Siswanto (1989: 68-70), seleksi tenaga kerja adalah suatu kegiatan untuk menentukan dan memilih tenaga kerja yang memenuhi kriteria yang telah di tetapkan oleh perusahaan.

3. Veithzal Rivai 

Menurut Veithzal Rivai (2008), seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen. 

4. Sulistiyani dan Rosidah 

Menurut Sulistiyani dan Rosidah (2003), seleksi adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk memutuskan apakah seorang pelamar diterima atau ditolak dalam suatu instansi tertentu setelah menjalani serangkaian tes yang telah dilaksanakan.

5. Siagian

Menurut Siagian (2015), seleksi adalah langkah spesifik yang diambil untuk memutuskan pelamar mana yang akan diterima dan pelamar mana yang ditolak. 

6. Kasmir

Menurut Kasmir (2016:101) seleksi adalah proses memilih calon karyawan yang sesuai dengan persyaratan atau standar yang telah ditetapkan.

7. Henry Simamora 

Menurut Henry Simamora (2004), seleksi (selection) adalah proses pemilihan sekelompok pelamar, orang atau orang-orang yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia.

8. Mulia Nasution

Menurut Mulia Nasution (2004), seleksi adalah proses mengetahui kemampuan fisik pelamar, kemampuan berfikir, dan juga kemampuan memecahkan masalah.

Tujuan Seleksi

Seleksi tenaga kerja bertujuan untuk mendapatkan karyawan atau pegawai yang memenuhi kualifikasi sebagaimana tercantum dalam job description

Menurut Irianto (2001), tujuan utama pelaksanaan seleksi karyawan adalah untuk membantu organisasi membuat keputusan tentang individu yang memenuhi persyaratan jabatan atau lowongan yang tersedia.

Sedangkan menurut Samsudin (2009), tujuan seleksi adalah untuk mendapatkan tenaga kerja yang memenuhi syarat dan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang ada atau sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan tujuan seleksi tenaga kerja, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Pengertian manajemen SDM

Proses rekrutmen SDM 


   

Post a Comment for "Pengertian dan Tujuan Seleksi Tenaga Kerja"