Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kompensasi dan Jenis-jenis Kompensasi

Rikaariyani.com- Pengertian Kompensasi dan Jenis-jenis Kompensasi- Pada artikel kali ini, penulis akan membahas apa itu kompensasi dan apa saja jenis-jenis kompensasi. 

Kompensasi merupakan pendapatan yang diterima oleh seorang pegawai atau karyawan dalam bentuk uang maupun barang. Kompensasi diberikan sebagai tanda bahwa pegawai tersebut telah bekerja dengan baik.

 


gaji karyawan

 

Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli

1. Hasibuan

Menurut Hasibuan (2012:118), kompensasi adalah pendapatan karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan.

2. Sedarmayanti

Menurut Sedarmayanti (2011: 239), kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima oleh karyawan sebagai balas jasa mereka.

3. Wibowo

Menurut Wibowo (2007: 461), kompensasi adalah kontrak prestasi atas jasa yang telah diberikan oleh karyawan.

4. Gary Dessler 

Menurut Gary Dessler (1997: 85), kompensasi adalah segala bentuk pembayaran yang diberikan kepada karyawan.

 5. Veithzal Rivai

Menurut Veithzal Rivai (2008: 357), kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima oleh karyawan sebagai kontribusi terhadap kerja mereka.

6. Daft

Menurut Daft (2000: 536), kompensasi adalah segala bentuk balas jasa baik berupa uang maupun barang.

7. Handoko

Menurut Handoko, kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima oleh karyawan sebagai balas jasa atas kerja mereka. Kompensasi dapat berbentuk uang, fasilitas, maupun kesempatan berkarir.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat dipahami bahwa kompensasi adalah segala sesuatu yang diberikan kepada karyawan, baik berupa uang maupun lainnya sebagai balas jasa atau konsekuensi karena telah mempekerjakan mereka.

Baca juga: Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja

 

Jenis-jenis Kompensasi

Kompensasi yang diterima oleh karyawan bisa digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Kompensasi Langsung

Kompensasi langsung yakni kompensasi yang diberikan sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan untuk perusahaan. Misalnya, gaji, insentif, bonus, dan tunjangan jabatan.

2. Kompensasi Tidak Langsung

Kompensasi tidak langsung yaitu kompensasi yang diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Contohnya, tunjangan, fasilitas, dan juga pelayanan yang diberikan kepada karyawan.

Menurut Panggabean (2002), jenis-jenis kompensasi meliputi:

1. Upah dan Gaji

Upah berupa uang yang dibayarkan kepada karyawan tidak tetap yang dihitung per-jam atau perhari. Sedangkan gaji yaitu uang yang dibayarkan kepada pegawai atau karyawan tetap yang diberikan secara bulanan.

2.  Insentif

Insentif yaitu kompensasi yang diberikan oleh organisasi di luar gaji atau upah berdasarkan produktivitas maupun pencapaian lainnya.

3. Tunjangan

Tunjangan yakni kompensasi yang diberikan dalam bentuk perlindungan dan penghargaan, seperti asuransi kesehatan, jiwa, dana pensiun, dan lainnya.

4. Fasilitas

Fasilitas yakni pemberian sarana kerja berupa kendaraan dinas, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan mengenai kompensasi dan jenis-jenis kompensasi, semoga bermanfaat.

Baca juga: Peran kepala sekolah dalam meningkat kinerja guru

Post a Comment for "Pengertian Kompensasi dan Jenis-jenis Kompensasi"